sign up SIGN UP search


trending

Cegah COVID-19, Benda-benda Ini Perlu Dibersihkan dengan Disinfektan

Annisa Afani Minggu, 22 Nov 2020 10:13 WIB
Cleaning with spray detergent, rubber gloves and dish cloth on work surface concept for hygiene Disinfektan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/BrianAJackson
Jakarta -

Mencuci tangan secara teratur menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter, memakai masker, dan sering membersihkan benda-benda dengan desinfektan, sejauh ini menjadi cara terbaik untuk mencegah penyebaran COVID-19, Bunda.

Untuk di rumah, ada beberapa benda yang berisiko menjadi media penyebaran virus COVID-19 karena permukaannya sering disentuh oleh siapapun. Mengutip Buku Saku Desa Tangguh Covid-19, beberapa benda dan permukaan di rumah yang penting untuk sering dibersihkan dengan disinfektan, yakni:

1. Alat elektronik

Alat-alat elektronik dalam rumah menjadi salah satu benda yang paling sering disentuh oleh tangan dan orang banyak, Bunda. Beberapa alat elektronik ini, seperti saklar lampu, gadget dengan layar sentuh, remote tv, konsol game, keyboard komputer atau laptop, dan telepon.


2. Toilet

Benda-benda yang ada di dalam toilet pun sama, mulai dari gagang pintu luar dan dalam, wastafel, hingga barang-barang lainnya juga perlu dibersihkan secara berkala untuk membasmi virus yang menempel.

3. Meja dan kursi

Meja dan kursi menjadi salah satu sarana yang sering digunakan dalam melakukan berbagai kegiatan, Bunda. Dengan begitu, permukaan, dan berbagai sisi dari keduanya perlu sering dibersihkan dengan disinfektan, ya.

Ingat Bunda, selama pandemi Corona ini belum berakhir, penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan. Oleh karena itu, selalu #ingatpesanibu untuk ikut putuskan rantai penularan COVID-19 seperti yang dikampanyekan #SatgasCOVID19 dengan #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun.

Bunda, simak juga alasan mengapa lansia berisiko terinfeksi Corona dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi