sign up SIGN UP search


moms-life

3 Resep Roti Pisang, Cocok Buat Camilan Akhir Pekan

Hilda Irach Sabtu, 09 Jan 2021 08:02 WIB
banana bread caption

Jakarta - Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk bersantai bersama keluarga kecil di rumah. Tentunya akan semakin lengkap jika sambil menyantap camilan, misalnya roti.

Roti menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Tak hanya dijadikan sebagai camilan sore pendamping kopi hangat, roti juga kerap kali menjadi menu utama untuk sarapan.

Terutama bagi Bunda yang memiliki waktu singkat, daripada skip sarapan, mengonsumsi roti jauh lebih fleksibel dan praktis. Roti membuat perut kenyang dan berenergi seharian, seperti nasi.


Selain itu, roti cocok dipadukan dengan berbagai macam bahan makanan. Mulai dari telur, sayuran, daging, selai, dan yang tidak kalah nikmat adalah dengan buah pisang.

Pisang kerap kali dijadikan sebagai campuran roti. Selain rasanya yang manis, pisang juga punya segudang manfaat dan nutrisi baik untuk pencernaan, kesehatan jantung, dan menurunkan berat badan.

Melansir dari Healthline, pisang mengandung banyak serat dan nutrisi penting lainnya, seperti vitamin B6, vitamin C, magnesium, tembaga, hingga karbohidrat. Sehingga dengan mengonsumsi roti pisang tentu membuat Bunda akan kenyang lebih lama.

Supaya lebih irit, Bunda bisa nih membuat roti pisang sendiri di rumah. Jika dibuat dalam jumlah yang banyak, Bunda juga dapat menjualnya secara online. Hitung-hitung menambah penghasilan ya, Bunda.

Ada banyak resep roti pisang yang lezat dan mudah dibuat. Bunda bisa menambahkan keju, cokelat, atau pandan. Pasti rasanya jadi lebih bervariasi.

Dikutip dari buku Kreasi Roti, buku Olahan Variasi Chocolate Chips, dan buku 25 Resep Kue Raling Diminati Kreasi Bolu Gulung Populer, berikut ini 3 resep roti pisang yang menggiurkan.

1. Resep roti pisang keju

Bahan:

750 gr tepung terigu

15 gr ragi instan

60 gr gula pasir

Campur rata

2 kuning + 1 putih telur

300 cc susu cair

75 gr mentega

2 kuning telur, kocok sebentar, untuk olesan

Keju batangan secukupnya

Pisang raja secukupnya, pilih yang matang, masing-masing belah dua memanjang

Cara membuat:

1. Masukkan telur ke dalam campuran, tepung, tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.

2. Masukkan mentega, uleni hingga adonan kalis/tidak melekat di tangan. Bulatkan adonan, diamkan selama 45 menit hingga mengembang (pengembangan 1).

3. Kempiskan adonan, bagi dan timbang masing-masing seberat 100 gr. Diamkan lagi kurang lebih 30 menit hingga mengembang (pengembangan 2).

4. Pipihkan dan tipiskan adonan, beri satu batang keju dan sepotong pisang raja, lalu gulung. Lakukan hal yang sama untuk semua adonan. Letakkan di atas loyang yang sudah diolesi mentega, diamkan lagi kurang lebih 45 menit.

5. Olesi permukaannya dengan kuning telur kocok, panggang hingga matang selama kurang lebih 30 menit.

Untuk resep roti pisang lainnya, klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda!

Simak juga resep roti labu kuning, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Artis penyintas COVID-19Artis penyintas COVID-19/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari
(kuy/kuy)
Resep Roti Pisang
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi