sign up SIGN UP search


moms-life

Rukun Iman dan Rukun Islam Sebagai Pedoman Hidup Muslim

Tim HaiBunda Sabtu, 30 Jan 2021 18:37 WIB
Muslim girl learning how to pray. caption
Jakarta -

Bagi umat muslim belajar tentang agama Islam dilakukan sejak masih kecil. Saat sekolah pasti mendapatkan mata pelajaran pendidikan agama Islam. Semua hal tentang agama Islam disampaikan mulai dari kewajiban dan sunah rasul, termasuk tentang rukun iman dan rukun Islam.

Bukan hanya sebagai mata pelajaran saja, semua harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari dosa dan mendapatkan pahala. Rukun iman dan rukun Islam menerangkan apa saja yang harus dilakukan sebagai muslim yang taat kepada Allah SWT.

Rukun Iman

Iman berarti meyakini, mempercayai, membenarkan. Menurut syariat iman adalah mengakui dengan lisan, membenarkan dengan hati, dan mengamalkan dengan perbuatan. Di dalam Islam ada 6 rukun iman, terdiri dari:



1. Iman kepada Allah SWT

Mempercayai bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang harus disembah. Serta mempercayai bahwa Allah telah menciptakan seluruh alam semesta beserta isinya.

2. Iman kepada malaikat

Allah menciptakan malaikat dari nur atau cahaya. Muslim harus meyakini bahwa Allah telah menciptakan malaikat. Ada 10 nama malaikat yang harus diketahui dan diimani, yaitu: Jibril, Mikail, Raqib, Atid, Munkar, Nakir, Israfil, Izrail, Malik, dan Ridwan.

3. Iman kepada kitab Allah SWT

Allah menurunkan kitab kepada Nabi dan Rasul sebagai pedoman hidup untuk umat-umatnya. Taurat, Zabur, Injil, dan Al Qur'an adalah kitab-kitab Allah. Umat muslim diperintahkan untuk berpegang teguh dan berpedoman dengan Al-Qur'an.

Young Asian Muslim teaching her sister to reading a bookIlustrasi ajarkan anak Rukun Islam dan Rukun Iman/ Foto: iStock


4. Iman kepada Rasul Allah SWT

Percaya bahwa Allah telah mengutus Rasul dan diberi wahyu agar disebarkan kepada umatnya. Mempercayai akan semua wahyu yang diberikan kepada Rasul itu benar dan bersumber dari Allah.


5. Iman akan terjadinya hari akhir

Mempercayai bahwa akan datang hari kiamat beserta tanda-tanda akan datangnya hari kiamat. Meyakini akan adanya hari kebangkitan di padang mahsyar. Semua amal kebaikan dan keburukan akan dihisab dan ditimbang yang akan menentukan apakah surga atau neraka
untuknya.

6. Iman kepada takdir bahwa baik (qada) dan buruk (qadar) adalah dari Allah SWT

Meyakini bahwa semua kejadian dan cobaan terjadi atas ijin dari Allah SWT. Dengan mengimani qada dan qadar seseorang akan berhati-hati dalam bertindak.

Rukun Islam

Rukun Islam adalah fondasi wajib untuk orang-orang yang beriman dan merupakan dasar dari kehidupan muslim yang terdiri dari lima tindakan. Adapun lima perkara yang termasuk dalam rukun Islam adalah.


1. Mengucapkan kalimat syahadat sebanyak 2 kali
2. Sholat wajib lima waktu dalam sehari
3. Zakat
4. Puasa di bulan Ramadhan
5. Menunaikan haji bagi yang mampu, baik secara fisik maupun ekonomi

Rukun iman dan rukun islam harus dijadikan pedoman bagi kaum muslim dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Selain melaksanakan semua kewajiban sebagai muslim, melakukan sunah juga mendatangkan pahala.

Membaca sholawat nabi termasuk memanjatkan doa kepada Allah agar melimpahkan berkah kepada Nabi Muhammad. Tujuan membaca sholawat adalah agar kelak seorang muslim mendapatkan syafaat dai Nabi Muhammad. (PK)

Lihat juga video berikut untuk kiat ajarkan agama pada anak:

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!