sign up SIGN UP search


parenting

Bun, Ajak Anak Mengenal Nama-nama Istri Nabi Muhammad SAW Selain Aisyah

Melly Febrida Jumat, 08 Jan 2021 09:15 WIB
ilustrasi nabi muhammad caption

Jakarta - Anak-anak mungkin hanya mengenal beberapa nama istri Nabi Muhammad SAW, misalnya saja istri pertamanya Khadijah dan istri yang paling belia usianya, Aisyah. Padahal, Nabi Muhammad memiliki 13 istri, siapa-siapa saja nama istri Nabi Muhammad Saw?

Ibnu Hazm al-Andalusi dalam Intisari Sirah Nabawiyah menuliskan bahwa Nabi Muhammad menikahi Khadijah binti Khuwailid bin Asad bin Abdul Uzza bin Qushay bin Kilab saat beliau berusia 25 tahun. Saat itu usia Khadijah sudah berusia 40 tahun. 


"Khadijah meninggal tiga tahun sebelum hijrah dan Nabi Muhammad tidak menikahi perempuan lain hingga Khadijah meninggal," kata Ibnu Hazm.

Untuk memperluas pengetahuan tentang Nabi Muhammad SAW, yuk, Bunda, kita kenalkan juga nama-nama istri Nabi Muhammad lainnya.

Berikut 13 nama istri Nabi Muhammad Saw:


1. Khadijah binti Khuwailid

Dikutip detikcom, Khadijah binti Khuwailid, perempuan setia dan mulia dan yang pertama mengakui kerasulan Muhammad SAW. Dia juga perempuan pertama yang memeluk islam. 

Nabi Muhammad berumah tangga dengan Khadijah selama 25 tahun. Sejumlah buku Sirah Nabawiyah menyebutkan bahwa Khadijah wafat saat Rasulullah berusia 50 tahun. 

Sebelum dinikahi Nabi Muhammad, kata Ibnu Hazm, Khadijah menikah dengan Atiq bin Abid bin Abdullah bin Umar bin Makhzum. Setelah itu, Khadijah menikah dengan Abu Halah, yang bernama lengkap Hind bin Zurarah bin an-Nabbasy bin Adi bin Habib bin Shurad bin Salamah bin Jarwah bin Usayyid bin Amr bin Tamim.

2. Saudah binti Zam’ah 

Setelah Khadijah meninggal, Nabi Muhammad SAW menikahi Saudah binti Zam’ah bin Qais bin Abdu Syams bin Abdu Wudd bin Nashr bin Malik bin Hisl bin Amir bin Lu’ay, janda berusia 55 tahun.  Sebelum menikah dengan Nabi, Saudah ditinggal mati oleh suaminya yang juga sepupunya, as-Sakran bin Amr bin Abdu Syams.

Buku Sirah Nabawiyah karya Abdul Hasan 'Ali al-Hasani an-Nadwi menyebut setelah Khadijah wafat, Rasulullah menduda selama 1 tahun. Setelah itu Nabi Muhammad menikah dengan Saudah.

3. Aisyah binti Abu Bakar Ash-Shiddiq

Sebelum menikahi Saudah, Rasulullah Saw disebut sudah melamar Aisyah binti Abu Bakr. Semua bermula dari kesedihan para sahabat yang melihat kesendirian Rasulullah. 

Salah satu sahabat yang membujuk agar Nabi Muhammad menikah lagi adalah Khaulah binti Hakim. Dia membujuk Rasulullah agar mau menikahi putri Abu Bakr, Aisyah. Nabi Muhammad setuju dan mengkhitbah (melamar) Aisyah. 

Sejumlah literatur menyebut ketika menikahi Aisyah usia Rasulullah sudah 61 tahun. Aisyah hidup bersama Nabi selama 9 tahun 5 bulan. 

Aisyah adalah satu-satunya istri Nabi Muhammad SAW yang dinikahi dengan status gadis. Dia termasuk orang yang amat dicintai Rasulullah dan merupakan wanita yang paling banyak ilmunya di tengah umat.

Simak nama istri Nabi Muhammad lainnya di halaman berikut:

Bunda, bisa menyimak cara mengenalkan anak pada agama dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



 

(rap/rap)
Nabi Muhammad Menikahi Janda
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi