sign up SIGN UP search


moms-life

Mengenal Empon-empon & 12 Tanaman yang Termasuk di Dalamnya

Zika Zakiya   |   Haibunda Jumat, 22 Jan 2021 19:59 WIB
Temu Lawak, Temu Ireng, hingga Lengkuas di Pekarangan Bunda
Seduh Kopi Bersama Kunyit Agar Jadi Minuman Tinggi Antioksidan caption

1. Temulawak

Kandungan utamanya adalah kurkumin dan minyak atsiri. Bahan pertama disebut bisa digunakan sebagai obat anti-radang dan anti-hepatotoksik (anti-keracunan empedu). Karena tingginya kandungan baik dari temu lawak, ia sering disebut tanaman multiguna.

2. Temu Putih

Di Perancis, temu putih digunakan sebagai bahan ramuan herbal pahit untuk menyembuhkan pasien yang mengalami perut kembung dan gangguan pencernaan. Sedangkan di Tiongkok, temu putih digunakan sebagai terapi kanker rahim karena mampu meningkatkan efektivitas pematian sel kanker para radioterapi dan kemoterapi.

3. Temu Mangga

Senyawa aktif yang terdapat di dalamnya termasuk flavonoid, saponin, kurkuminoid, tanin, kurkumin, amilum, gula, damar, dan protein toksis. Khasiatnya untuk mencegah kanker, penambah nafsu makan, dan mengobati sakit perut.


4. Temu Kunci

Khasiat temu kunci adalah untuk penangkal masuk angin, pereda panas dalam, bahkan bisa untuk pemacu produksi ASI. Temu kunci bahkan dikenal sebagai bumbu sayur bening dengan rasa yang segar.

5. Temu Hitam

Paling terkenal dibandingkan tanaman empon-empon yang lain dan kerap disebut temu ireng. Ia memiliki bunga dan daun yang sedap dipandang sehingga cocok untuk tanaman hias.

Sedangkan untuk khasiat obat, temu ireng berguna untuk penambah nafsu makan, minuman ampuh untuk sehabis bersalin, mengobati kudis, batuk berdahak, dan sesak napas.

6. Temu Giring

Merupakan salah satu bahan utama dari jamu yang dijual oleh industri farmasi. Bermanfaat untuk pelangsing tubuh, penenang rasa, menuntaskan cacingan pada anak, disentri, bau badan, dan mengobati luka.

temulawakIlustrasi temulawak/ Foto: shutterstock

7. Lengkuas

Lengkuas memiliki ragam nama asing sesuai dengan lokasi ditemukannya. Diketahui nama lainnya termasuk lengkueueh (Aceh) hingga grosser galgant (Jerman). 
Khasiatnya antara lain menambah nafsu makan, mengobati reumatisme, sakit limpa, bronkitis, morbili, dan menumpas panu.

8. Lempuyang

Berdasarkan ukurannya terbagi tiga; lempuyang gajah, lempuyang emprit, dan lempuyang wangi. Gunakan lempuyang untuk mengatasi anemia, menambah anfsu makan, dan mengobati kaki encok.

9. Kunyit

Tanaman dengan warna khas ini sudah lama digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan yaitu untuk membabat ketombe, membebaskan wajah dari jerawat, dan lulur kulit.

10. Kencur

Digunakan untuk ramuan obat dan bahan masakan. Saking bergunanya, tanaman ini menjadi ternama untuk dibudidayakan. Ia memiliki daun unik dan bunga cantik berwarna putih yang bisa dijadikan tanaman hias.

11. Jahe

Sudah bukan rahasia lagi khasiat dari jahe yang bisa menyembuhkan encok, sakit pinggang, capek pegal linu, batuk, hingga mengatasi impoten. Pengolahan jahe bahkan termasuk modern karena bisa dijadikan wujud asinan dan permen.

12. Bangle

Tidak banyak yang tahu jika bangle bisa digunakan sebagai analgesok dan obat lemah jantung, sakit kepala, pencahar, dan penurun panas. Ia bisa ditanam dengan mudah asalkan terpapar sinar matahari dengan baik dan langsung.

Nah, sudah diingat Bun apa saja kegunaan empon-empon tersebut? Jika sudah, yuk sekarang lihat video empat obat tradisional untuk batuk dan pilek anak.

(ziz/ziz)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!