sign up SIGN UP search


parenting

9 Buah Penambah Berat Badan Anak, Dapat Ditambah di Menu Makan

Annisa Karnesyia Sabtu, 25 Jul 2020 16:02 WIB
Little baby girl sitting in baby chair eating fruit apple and bananas caption
Jakarta -

Berat badan si kecil di bawah normal, Bunda? Hal ini bisa menjadi masalah kesehatan jika tak segera diatasi.

Menurut dokter anak Vincent Iannelli, MD, jika anak kurus dan terlalu sering makan junk food, maka doronglah mereka untuk konsumsi makanan sehat. Anak membutuhkan bantuan untuk menambah berat badannya.

"Anak-anak butuh bantuan termasuk mereka yang kekurangan berat badan, anak dengan kondisi medis kronis yang butuh diet khusus, dan yang konsumsi obat sehingga mengganggu nafsu makan," kata Iannelli, dikutip dari Very Well Family.


Secara umum, anak butuh makanan berkalori tinggi untuk menambah berat badannya. Tak cuma itu, makanan padat nutrisi juga dibutuhkan, Bunda.

Salah satu makanan penambah berat badan yang bisa diberikan adalah buah. Selain mengandung vitamin dan lemak baik, beberapa buah memiliki nutrisi lengkap untuk menambah berat badan.

Melansir dari berbagai sumber, berikut 9 buah penambah berat badan anak. Catat ya, Bunda!

1. Pisang

Pisang kaya akan kalium, vitamin C, B6, dan karbohidrat. Di dalam buah ini juga mengandung kalori yang cocok dikonsumsi anak sebagai makanan penambah berat badan.

Bunda bisa mengkreasikan pisang dengan berbagai cara penyajian. Misalnya, membuat pisang smoothie atau shake. Pisang cocok dijadikan camilan yang praktis untuk dibawa saat bepergian.

2. Alpukat

Buah hijau ini mengandung vitamin B6, C, E, K, folat, tembaga, serat makanan, dan asam pantotenat dengan kandungan lemak yang tinggi. Alpukat bisa disajikan sebagai makanan tambahan yang bergizi dan lezat untuk menambah berat badan si kecil.

alpukatBuah Alpukat/ Foto: shutterstock

3. Pir

Pir dikenal sebagai salah satu makanan padat pertama yang dikenalkan pada bayi. Buah ini memiliki manfaat sebagai penambah berat badan karena memiliki nutrisi penting seperti, zat besi, vitamin B6, C, serta banyak serat yang bikin kenyang.

4. Mangga

Asupan buah mangga yang moderat dan cukup adalah cara mudah untuk meningkatkan berat badan anak secara efektif. 150 gram mangga menyediakan 86 kalori untuk si kecil.

Buah tropikal ini juga mudah diserap tubuh, Bunda. Cukup sajikan mangga atau dikreasikan menjadi minuman milkshake ya.

5. Pepaya

Buah pepaya bisa dijadikan camilan sehat penambah berat badan anak. Kandungan serat yang tinggi di buah ini bisa mengatasi masalah pencernaan seperti konstipasi.

Pepaya bebas kolesterol dan mengandung sumber vitamin, mineral, dan nutrisi phyto. Jumlah zat besi di dalam buah pepaya juga bisa menjaga kadar hemoglobin dan mempertahankan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

6. Jeruk

Buah jeruk mengandung serat larut, merupakan sumber nutrisi. Jeruk ukuran besar umumnya mengandung empat gram serat, sedangkan jeruk clementine kecil mengandung 1,3 gram.

Serat tak hanya membantu mencegah masalah pencernaan, tapi juga bikin anak kenyang. Selain itu, membantu dalam manajemen berat badannya.

Jeruk MandarinJeruk Mandarin/ Foto: iStock

7. Kurma

Buah kurma menjadi bahan makanan awet yang bisa disimpan dalam waktu lama. Selain itu, kurma bisa dikreasikan dengan bahan makanan lain, Bunda.

Buah asal Timur Tengah ini merupakan sumber zat besi, mangan, dan vitamin B6. Kurma bisa disajikan sebagai camilan sehat untuk menambah berat badan si kecil.

8. Aprikot

Aprikot adalah buah populer yang bisa dimakan langsung atau dalam bentuk kering. Buah aprikot kering menjadi sumber kalori dan lemak yang cocok untuk menambah berat badan.

9. Kelapa

Kelapa adalah buah populer yang memiliki segudang manfaat kesehatan. Buah ini juga menjadi sumber kalori yang baik, karena tinggi lemak sehat dan mengandung karbohidrat yang sedang.

Olahan kelapa yang bisa digunakan adalah santan, Bunda. Kita Bisa mencampur santan dengan pisang dan alpukat sebagai makanan tambahan penambah berat badan anak.

Simak juga manfaat luar biasa anak konsumsi buah dan susu, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi