sign up SIGN UP search


moms-life

7 Tanaman Hias Daun Indoor Buat Percantik Kamar Mandi

Hilda Irach   |   Haibunda Sabtu, 30 Jan 2021 13:53 WIB
Modern Bathroom ( 3d render ) caption
Jakarta -

Biasanya sebagian besar orang hanya memaksimalkan fungsi kamar mandi ketimbang keindahannya. Padahal dekorasi kamar mandi juga tak boleh luput dari perhatian kita lho, Bunda.

Mendekorasi kamar mandi tidak hanya berfungsi sebagai estetika di ruangan, tetapi juga dapat meningkatkan kenyamanan ketika Bunda menggunakannya.

Apalagi kamar mandi merupakan tempat yang kerap kali digunakan oleh tamu ketika berkunjung ke rumah. Pastinya tidak ingin ya, jika kamar mandi terlihat kotor dan kumuh. Sebab, kamar mandi yang bersih dan indah juga mencerminkan kepribadian pemiliknya.


Tak perlu menggunakan dekorasi mahal untuk memperindah kamar mandi. Tetapi Bunda bisa memberikan unsur alami melalui tanaman hias nih.

Menempatkan tanaman hias di kamar mandi akan menciptakan kesan yang segar nan asri di ruangan. Bahkan, beberapa tanaman hias juga berfungsi menyerap polutan dan bersifat anti-bakteri lho, Bunda.

Namun, tak semua tanaman hias dapat diletakkan di kamar mandi Bunda. Sebab, kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang memiliki kelembapan tinggi.

Nah, untuk mengetahui jenis tanaman hias yang cocok untuk diletakkan di kamar mandi, dikutip dari The Spruce, berikut ini 7 tanaman hias daun indoor buat mempercantik kamar mandi.

1. Tanaman hias sirih gading  

Siapa yang tak mengenal sirih gading? Tanaman hias satu ini populer karena keindahan dan keunikan daunnya yang berbentuk hati, Bunda. Sirih gading dapat tumbuh subur dalam cahaya redup atau terang, tetapi tidak langsung. 

Karena itu, tanaman hias ini merupakan pilihan yang tepat untuk menghiasi kamar mandi. Jika diletakkan di meja atau menggantungnya, dedaunannya yang berwarna hijau kekuning-kuningan akan menjuntai ke bawah dengan cantiknya.  

Kabar baiknya, tanaman hias ini juga cocok untuk pemula karena mudah dirawat nih, Bunda. Sirih gading hanya perlu disiram setiap kali tanahnya terasa kering. Jika dirawat dengan baik, tanaman hias ini dapat tumbuh panjang 1-3 meter.

2. Tanaman hias philodendron

Selain sirih gading, tanaman hias philodendron juga populer dan banyak diburu oleh para pecintanya nih, Bunda. Tanaman hias ini juga disukai berkat keunikan daunnya yang berbentuk hati.

Philodendron kerap digunakan sebagai dekorasi untuk menambah estetika di dalam ruangan. Namun, tanaman satu ini juga layak lho menjadi penghias kamar mandi.

Tanaman hias yang satu ini menyukai kondisi yang lembab secara konsisten seperti kamar mandi. Philodendron membutuhkan cahaya terang, tetapi tidak langsung.

Jika terlalu banyak memperoleh naungan sinar matahari, bisa membuat batangnya menjadi kurus dan daunnya menguning, Bunda. Nah selain cantik, tanaman hias philodendron juga bermanfaat menyerap polutan di udara lho, Bunda. Sehingga akan membuat kamar mandi terasa lebih segar.

3. Tanaman hias lidah mertua

Tanaman hias sansevieria atau lidah mertua juga menjadi tren dalam beberapa tahun nih, Bunda. Uniknya, tanaman hias lidah mertua hampir tidak bisa mati.

Tanaman hias satu ini dapat bertahan berminggu-minggu meski tanpa cahaya atau air sekalipun. Lidah mertua akan tetap memancarkan keindahan dedaunannya.

Karena tidak membutuhkan perawatan ekstra inilah yang membuat lidah mertua disukai banyak orang. Selain itu, tanaman hias ini juga bermanfaat menyaring polutan yang ada di ruangan. Karena itu, lidah mertua cocok bila dijadikan dekorasi kamar mandi Bunda.

4. Tanaman hias dieffenbachia 

Dieffenbachia dapat tumbuh subur dengan perawatan minimal. Tanaman hias ini hanya perlu disiram pada saat tanah terasa kering beberapa inci di bawah permukaan. 

Tanaman hias ini cocok dijadikan dekorasi kamar mandi. Sebab, ia menyukai cahaya terang tetapi tidak langsung, Bunda. 

Namun di musim dingin, tanaman hias ini akan membutuhkan lebih banyak cahaya. Agar tumbuh merata di segala sisinya, rotasikan tanaman hias setiap bulannya ya, Bunda.

Untuk tanaman hias lainnya, klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Simak juga video tanaman hias tropis:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner para mualaf

Tanaman Hias Daun Indoor Buat Percantik Kamar Mandi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!