sign up SIGN UP search


moms-life

5 Jenis Tanaman Lidah; Mulai dari Lidah Mertua, Katak, Hingga Gajah

Zika Zakiya   |   Haibunda Senin, 22 Mar 2021 21:12 WIB
Tanaman Hias Sansevieria caption
Jakarta -

Tanaman hias dengan nama depan lidah-lidahan ternyata banyak jenisnya, Bun. Mungkin yang paling sering Bunda dengar adalah lidah mertua dan lidah buaya.

Keduanya termasuk tanaman hias tangguh dan tidak rewel untuk dirawat. Khusus untuk lidah mertua, pertumbuhannya yang vertikal juga bisa berperan sebagai pagar hidup di rumah atau kantor.

Jenis lidah-lidahan apa lagi yang bisa Bunda pelihara di rumah? Seperti hasil perbincangan kami dengan Mezastrata Sayfrul sebagai pemilik usaha jual-beli tanaman, Laligar Nursery, ada lima jenis lidah yang menarik hati.


banner resep tahu

1. Lidah Buaya
Perawatannya mirip dengan sukulen. Dia hanya disiram seminggu atau dua minggu sekali untuk posisi tanam di indoor.

"Untuk outdoor, tanaman ini cukup kuat dan memang idealnya ditanam di luar ruangan," jelas pria yang karib disapa Reza itu. Media yang cocok untuk tanaman ini terdiri dari tanah, pasir malang, sekam bakar, dan pupuk kandang. Jangan lupa dengan perbandingan 2:2:2:1.

2. Lidah Mertua
Nah ini dia jenis lidah-lidahan yang paling sering disebutkan. Bisa ditanam indoor maupun outdoor.

"Untuk indoor, tanaman ini bisa disiram seminggu dia kali dengan penjemuran seminggu sekali," tambahnya.

Home and garden concept of sansevieria trifasciata or Snake plant in the bedroomIlustrasi tanaman hias lidah mertua/ Foto: iStock

Lidah mertua juga dikenal sebagai tanaman penyerap racun macam CO2 hingga timbal. Seperti dipaparkan oleh peneliti Ekofisiologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr Nuril Hidayat.

"Dilihat dari karakternya, lidah mertua itu penyerapan CO2-nya juga tinggi karena memiliki banyak stomata pada daun atas dan bawahnya, zat klorofilnya juga tinggi," ujar Nuril seperti dikutip dari detikHealth.

Media tanam yang cocok untuk lidah mertua terdiri dari campuran pasir malang, tanah, sekam padi, dan pupuk kandang. Perbandingan yang digunakan adalah 2:2:2:1.

Masih ada lagi jenis lidah-lidahan yang. bisa Bunda gunakan sebagai tanaman hias dan obat. Bahkan semua namanya menggunakan nama hewan lho, cek di HALAMAN SELANJUTNYA, Bun!

[Gambas:Video Haibunda]



Lidah Katak Hingga Lidah Gajah
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!