sign up SIGN UP search


moms-life

Manfaat Daun Sirsak, Obat Antivirus Hingga Kanker

Melly Febrida Minggu, 04 Apr 2021 15:44 WIB
Annona muricata, guanábana3​ entre otros muchos nombres, es un árbol de la familia Annonaceae, cultivado en muchos países tropicales por sus frutos comestibles.   La guánabana es un fruto caption

Sirsak memang enak dijus atau makan langsung buahnya. Tapi, banyak orang yang belum menyadari tanaman sirsak ini sebagai obat yang luar biasa. Misalnya saja manfaat daun sirsak sebagai obat berbagai penyakit.

Warisno, SPKP, dan Kres Dahana SP mengatakan sebenarnya seluruh bagian tanaman sirsak merupakan obat. Terbukti dengan banyaknya informasi mengenai penggunaan bagian tanaman sirsak untuk mengatasi berbagai penyakit di banyak negara.  

Warisno kenyadari kalau kehebatan sirsak, terutama daunnya, dalam mengatasi berbagai jenis penyakit sering disebut isapan jempol. Bahkan orang menyebutnya sebagai sugesti yang timbul akibat kepercayaan yang berlebihan pada tanaman ini. 

"Testimoni dari para penderita penyakit akut yang sembuh setelah mengonsumsi bagian tanaman sirsak juga sering disinyalir sebagai 'penipuan'," kata Warisno dikutip dari Daun Sirsak Langkah Alternatif Menggempur Penyakit.

Lantas, penyakit apa saja yang bisa diobati dengan daun sirsak? Menurut Warisno, manfaat daun sirsak bisa digunakan untuk mengobati penyakit seperti hipertensi, diabetes, diare, demam, batuk, dan jenis penyakit yang lain. Namun yang lebih mengejutkan, daun sirsak juga dapat mengobati penyakit kanker; salah satu jenis penyakit yang mematikan dan sangat sulit disembuhkan. 

Menurut Health Sciences Institute (2001), ekstrak daun sirsak memiliki banyak keunggulan, antara lain menaklukkan sel kanker secara aman dan efektif melalui terapi alami, serta tidak menyebabkan mual ekstrim, kehilangan berat badan, dan rambut rontok. Melindungi sistem kekebalan tubuh dan menghindarkan pengguna dari infeksi berbahaya.  

Banner zaskia sungkar melahirkan


National Cancer Institute (AS) pernah melakukan uji laboratorium pada tahun 1976, kemudian beberapa perusahaan obat-obatan dan universitas terkemuka.  Hasilnya, hampir seluruhnya diakui fakta bahwa ekstrak tanaman sirsak berkhasiat untuk pengobatan kanker.


Di berbagai negara, kata Warisno, daun sirsak lebih banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal dibandingkan bagian tanaman sirsak yang lain. Setelah dilakukan penelitian, ternyata anggapan tersebut memang terbukti. 

"Daun sirsak memang memiliki banyak khasiat, terutama karena adanya kandungan senyawa Acetogenin yang lengkap," jelas Warisno. 

Di dalam daun sirsak, terkandung setidaknya 30 jenis Acetogenin, yang masing-masing memiliki peranannya sendiri untuk mengatasi penyakit.

Selain memiliki komposisi Acetogenin paling komplet, daun sirsak juga memiliki keunik- an di mana persentase kandungan masing-masing Acetogenin hampir seragam, yaitu antara 0,0001 – 0,0005 persen. 

Dikutip dari Cancer Chemoprevention Research Center (CCRC) Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM), daun sirsak mengandung senyawa acetogenin, minyak esensial, reticuline, loreximine, coclaurine, annomurine, dan higenamine.

Acetogenin merupakan senyawa aktif untuk membunuh racun di dalam tubuh. Zat ini bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan adenosina trifosfat (ATP), yang menjadi sumber energi dalam perkembangan sel kanker. 

Kandungan acetogenin dalam daun sirsak diketahui memiliki sifat antipirektik, antiproliferatif, antimikroba, antidiabetes, kardioprotektif, dan antiparasit. Berikut ini manfaat daun sirsak bagi kesehatan yang perlu Bunda tahu, di halaman selanjutnya.

Anak batuk pilek? Bisa coba tangani dengan 'ramuan' tradisional seperti di video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT DAUN SIRSAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi