sign up SIGN UP search


moms-life

Kisah 2 Wanita Korea Dinikahi Pria RI, Pakai Adat Tradisional hingga Belajar Bahasa Jawa

Annisa A Minggu, 04 Apr 2021 21:45 WIB
Pernikahan Beda Budaya caption
Jakarta -

Pernikahan beda budaya bukan menjadi hal baru di zaman modern. Berkat toleransi dan rasa cinta yang tulus, mempelai dari latar belakang budaya yang berbeda ini dapat bersatu di pelaminan.

Perbedaan budaya dapat memberi warna baru di suatu pernikahan. Mulai dari baju adat, makanan hingga dekorasi yang berbeda namun tetap satu.

Meski begitu, pernikahan beda budaya tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kedua mempelai. Pasangan suami istri harus bisa menyatukan budaya di dalam kehidupan rumah tangga.

Namun kedua pasangan ini mampu meruntuhkan benteng perbedaan budaya dalam hubungan mereka. Berikut ini kisah 2 wanita Korea Selatan yang dipersunting pria Indonesia.

1. Kim Soomin

Kim Soomin adalah wanita Korea yang sudah laman menetap di Bali. YouTuber cantik itu tengah menempuh pendidikan di Universitas Udayana. Tinggal di Bali mengantarkan Soomin kepada jodohnya, seorang pria asal Bali.

Candra Yogiswara atau yang arab disapa Yogi itu mempersunting Kim Soomin pada 2019 lalu. Pria yang berprofesi sebagai dokter residen itu menemukan Kim Soomin lewat Instaram temannya. Mereka pun berkenalan lewat Direct Message (DM) Instagram.

Mereka akhirnya berpacaran setelah Soomin menyadari bahwa Yogi merupakan pria yang baik. Namun perbedaan budaya sempat menjadi tantangan bagi keduanya.

Teman-teman Soomin kurang setuju dengan hubungannya dan Yogi. Mereka khawatir Soomin bakal sulit memahami dan tidak cocok dengan budaya Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu, Soomin kerap mengajak Yogi berkumpul bersama mereka.

"Teman-teman kurang tahu tentang gaya orang Indonesia, saya juga. Tapi sekarang semua teman-teman sudah menyukai Yogi karena banyak teman-teman sudah ketemu bersama di Bali. Mereka sudah mengerti dia benar-benar berhati baik dan pintar," kata Soomin di kanal YouTube Kimbali.

Hubungan mereka terus terjalin hingga mencapai jenjang yang lebih serius. Yogi mantap menikahi kekasihnya di bulan Oktober.


Yogi dan Soomin menggelar pernikahan yang penuh unsur budaya. Simak di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Jangan lupa saksikan pernikahan beda budaya Nadia Vega dan suaminya di video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

NIKAH PAKAI ADAT BALI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi