moms-life

Bunda, Ini Pentingnya Foreplay Saat Bercinta Setelah Melahirkan

Kinan   |   HaiBunda

Senin, 12 Apr 2021 21:45 WIB

Setelah melewati momen persalinan yang menegangkan dan beradaptasi dengan peran baru, hal lain yang juga perlu diperhatikan yakni momenĀ seks sesudahnya. Di waktu ini, foreplay tak boleh dilewatkan ya, Bunda.

Dikutip dari The Healthsite, tubuh wanita mengalami berbagai perubahan setelah melahirkan. Baik secara fisik maupun hormonal. Ini wajar dialami dan tak bisa disepelekan.

Jika didiamkan dan tak dicari solusinya, perubahan ini dapat menghambat keintiman pasutri. Maka dari itu, cobalah untuk berdiskusi bersama suami. Termasuk mencari ide foreplay yang terasa nyaman.


Banner nasi tak cepat basi

Foreplay yang dilakukan lebih lama dan tepat, dapat meningkatkan peluang seks yang lebih nyaman bagi Bunda. Bisa dimulai dengan obrolan intim, sentuhan yang lebih sering, serta mencari suasana baru.

Seks yang dilakukan terburu-buru, bahkan cenderung mengabaikan foreplay, berisiko membuat tak nyaman. Misalnya timbul kekhawatiran akan nyeri di vagina dan bahkan muncul bercak darah.

Kapan waktu tepat berhubungan seks setelah melahirkan?

Dikutip dari The Bump, sebagian besar dokter kandungan menyebutkan wanita sebaiknya menunggu 4-6 pekan untuk berhubungan seks setelah melahirkan. Namun bisa saja waktunya lebih dari jeda tersebut. Semua dikembalikan pada kenyamanan masing-masing.

Pikirkan baik-baik sebelum memutuskan untuk siap kembali melakukan aktivitas seks. Jika dipaksakan, terlebih tanpa foreplay, efeknya bisa memicu rasa tak nyaman dan bahkan infeksi.

"Sabar untuk menunggu waktu yang tepat, setidaknya enam pekan pascapersalinan. Lakukan cek rutin. Pastikan sudah tidak ada pendarahan dan gunakan alat kontrasepsi. Jangan lupakan foreplay," tutur dokter kandungan Massachusetts General Hospital, sekaligus penulis You & Your Baby: Pregnancy, Laura Riley, MD.

Simak ulasan lengkap tentang seks setelah melahirkan danĀ foreplay di halaman selanjutnya, Bunda!

Simak juga informasi pil kontrasepsi darurat, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT