sign up SIGN UP search


moms-life

6 Ide Dekor Kamar Sempit di Rumah Minimalis

Melly Febrida Minggu, 02 May 2021 02:00 WIB
Mock up frame in teenager bedroom interior caption

Bunda sedang mencari ide mendekorasi kamar tidur rumah minimalis yang sempit? Ukuran terkadang jadi batasan, karenanya perlu perencanaan matang sejak awal mengenai konsep dan lainnya.

Sebenarnya, ruang sempit yang paling sederhana saja bisa kok berfungsi sebagai kamar tidur kecil yang nyaman. Kuncinya adalah menggunakan furnitur yang multifungsi agar hemat ruang.


Menurut Shawn Breyer, pemilik Breyer Home Buyers, saat kita berpikir untuk menata ruangan agar terlihat lebih besar, kita mungkin langsung berpikir tentang warna furnitur dan dinding. Keduanya memang penting, tapi ternyata pilihan pencahayaan adalah intinya.

"Suasana adalah segalanya ketika memperbesar perspektif ruang yang lebih kecil, dan cahaya adalah inti dari itu," jelas Shawn Breyer, dilansir Bustle.


banner doa mantan istri uasbanner doa mantan istri uas/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Dikutip Ideal Home, untuk mendekorasi kamar yang sempit membutuhkan perencanaan yang cermat dan sedikit inspirasi untuk memaksimalkan potensi kamar tidur yang kecil.

Berikut beberapa ide dekorasi kamar tidur rumah minimalis yang sempit:

1. Membuat lemari custom

Lemari pakaian biasanya memakan banyak ruang, karenanya untuk kamar yang sempit, pilihan yang tepat adalah memesan lemari custom sesuai kebutuhan dan luas kamar. 

Bunda bisa memesan lemari yang di letakkan di kedua sisi, yakni kanan kiri tempat tidur. Cara ini bisa membantu menciptakan bingkai yang berdiri tegak di dinding. Penempatan lemari juga memungkinkan Bunda tak menghabiskan ruang berharga. Untuk sisi dinding lainnya, Bunda bisa menempatkan karya seni atau cermin. 

2. Ciptakan ilusi ruang 

Pilihan cat menjadi solusi yang luar biasa untuk begitu banyak masalah dekorasi. Percikan warna tidak hanya membantu menyegarkan ruang secara instan, tapi juga membuatnya terasa lebih menarik. Bahkan, dengan pilihan cat yang tepat bisa membuat ruang kecil terasa lebih lebar.

Secara umum putih dan netral dianggap paling baik untuk mendekorasi ruang kecil, terutama kamar rumah minimalis yang sempit. Namun, ada cara di mana Bunda bisa memasukkan warna ke dalam ruang kamar tidur kecil tanpa menjadikannya terkesan 'penuh'.

Untuk kamar sempit, kombinasi warna membantu menciptakan batasan, dan menciptakan perspektif baru untuk dinding. Semacam ilusi optik.

3. Gunakan warna cerah untuk membuka ruang

Menggunakan warna yang cerah, seperti kuning sinar matahari, dapat membantu menyegarkan ruang kecil. Mengecat warna cerah hingga ketinggian tengah ruangan akan membantu menempelkan warna ke bagian bawah ruangan.

Selesaikan sisa dinding dengan warna putih cerah atau netral serupa untuk membantu menjaga tampilan kamar di rumah minimalis Bunda tetap lapang dan luas.

Untuk ide selanjutnya klik halaman berikutnya ya, Bunda.

LAMPU DINDING HINGGA TEMPAT TIDUR LIPAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi