sign up SIGN UP search


moms-life

Lebih Baik Pilih Mana, Bun, Baby Sitter atau ART Infal?

Mutiara Putri Rabu, 28 Apr 2021 19:20 WIB
Smiling african mother holding adopted baby at home. Portrait of proud young woman rocking infant while looking at camera. Beautiful mixed race babysitter carrying adorable little child at home. caption
Jakarta -

Saat ART di rumah pulang kampung untuk mudik lebaran, Bunda mungkin akan sedikit kewalahan mengurus rumah. Tapi, tenang saja, Bunda bisa lho mencari ART pengganti atau ART infal agar Bunda tak kerepotan mengurus rumah seorang diri.

Sudah jadi hal yang biasa bahwa ART cuti untuk pulang kampung tiap menjelang Hari Raya Idul Fitri. Para Asisten Rumah Tangga (ART) yang bekerja di rumah Bunda pasti sudah meminta izin untuk mudik dari jauh-jauh hari, kan?

ART infal adalah solusi yang bisa dipilih, Bunda. Untuk Bunda yang belum pernah mendengar istilah ART infal, ART infal adalah ART yang dipekerjakan untuk sementara waktu, Bunda.


ART infal akan menggantikan si ARTI yang bekerja di rumah Bunda dalam jangka waktu paling lama satu bulan.

"ART Infal adalah ART yg dipekerjakan sementara untuk menggantikan pekerja permanen atau ART Reguler. Jangka waktu antara 10 hari sampai dengan 1 bulan," ujar Pemimpin Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Tiara Cipta, Ami Sutarmi, melalui pesan teks kepada HaiBunda beberapa waktu lalu.

banner sahabat benci bayi

Bunda yang punya anak kecil pasti kebingungan ya menentukan untuk memilih pengasuh anak atau ART infal untuk menggantikan si Mbak yang lagi pulang kampung. Apalagi si kecil termasuk anak yang susah dekat dengan orang baru.

Menurut Ami, semua pilihan tergantung dari kebutuhan yang Bunda cari. Kalau Bunda ingin jadikan hari libur sebagai waktu untuk quality time bersama si kecil, maka ART infal bisa jadi pilihan. Tapi kalau Bunda ingin istirahat dari segala kegiatan mengurus anak, maka pengasuh anak sudah cukup untuk membantu Bunda.

"Pilihan tergantung kebutuhan di rumah pengguna jasa. Kalau pengguna jasa tipikal yg seneng pegang anak, atau mau menggunakan waktu libur ini buat quality time dengan anak anak, opsi memakai ART bisa jadi pilihan. apalagi kalau tipe anaknya juga yg susah dekat dengan orang baru," kata Ami.

"Tapi kalau mereka yang kepengenya juga istirahat dari segala kegiatan, pilihan menggunakan jasa pengasuh bisa menjadi opsi mereka. Karna kalau baby sitter biasanya lebih flexibel dalam pekerjanya," sambungnya.

Sementara itu, tarif antara baby sitter dan ART infal juga sedikit berbeda nih, Bunda. Jadi Bunda perlu tahu berapa uang yang perlu disiapkan.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak komentar Fanny Fabriana menanggapi cerita tentang ART dari salah satu Cerita Bunda, yuk:

[Gambas:Video Haibunda]



TARIF SEWA BABY SITTER DAN ART INFAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!