sign up SIGN UP search


moms-life

Menu Buka Puasa: Resep Sate Taichan, Masak Praktis Pakai Teflon!

Mutiara Putri Selasa, 04 May 2021 07:05 WIB
sate taichan jajanan populer kekinian Foto: Getty Images/iStockphoto/ude eastkid
Jakarta -

Sate taichan adalah salah satu menu makanan yang sedang hits nih, Bunda. Dibuat dari daging ayam, sate taichan bisa juga, lho, dijadikan menu buka puasa dan dihidangkan bersama lauk pauk lainnya.

Berbeda dengan sate lainnya, sate taichan terbuat dari daging ayam yang dibakar tanpa baluran bumbu, Bunda. Namun, sate ini nantinya akan disajikan dengan sambal dan perasan jeruk nipis yang segar. 

Meski banyak yang menjajakan sate taichan, tapi tidak ada salahnya kalau Bunda membuatnya sendiri di rumah. Selain hemat, Bunda juga jadi bisa mengontrol kebersihan serta rasanya sesuai dengan selera keluarga Bunda.


Memuat sate taichan sangat mudah lho, Bunda. Kalau Bunda baru saja belajar masak, ada cara mudah untuk membuat sate taichan yang nikmat, nih.

Banner Muslimahpedia untuk Artikel

Kalau Bunda ingin coba membuat sate taichan, berikut HaiBunda bantu rangkumkan resep dan cara membuat sate taichan, dilihat dari kanal YouTube Uli's Kitchen.

Bahan:

500 gram daging ayam bagian dada, potong-potong
20 potong kulit ayam, opsional
5 siung bawang putih
1 sdt kaldu jamur atau kaldu ayam
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
2 sdm minyak sayur
Sedikit jeruk nipis
20 tusuk sate

Bahan sambal:

15 buah cabai rawit
3 siung bawang putih
1/2 sdt garam
2 sdt gula pasir
1/2 sdt kaldu jamur
150 ml air

Cara membuat:

  1. Haluskan bawang putih, kaldu, garam, merica bubuk, dan minyak sayur. Sisihkan.
  2. Campurkan daging dan kulit ayam dalam satu wadah. Balurkan daging dan kulit dengan bumbu bawang putih. Aduk hingga bumbunya tercampur merata. Tambahkan juga perasan jeruk nipis.
  3. Diamkan ayam selama satu jam di dalam kulkas.
  4. Sambil menunggu ayam, Bunda bisa membuat sambalnya terlebih dahulu, ya. Haluskan semua bahan sambal.
  5. Masak sambal hingga mendidih dan ainya sedikit menyusut. Setelah tekstur sambal agak kental, matikan api dan sisihkan.
  6. Keluarkan ayam dari dalam kulkas lalu tusuk daging dan kulit menggunakan tusuk sate. Sesuaikan jumlah setiap tusuk sesuai selera.
  7. Masak sate di atas teflon dengan api yang kecil agar ayam tidak gosong. Balik sate agar ayam matang merata. Jika sudah matang, angkat dan sajikan.
  8. Sate taichan buatan Bunda siap disajikan untuk menu buka puasa. Jangan lupa sajikan dengan sambal dan potongan jeruk nipis ya, Bunda.

Bunda juga bisa buat resep sate lain dengan bahan sosis seperti di bawah ini. Cek videonya ya Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



(mua/mua)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi