sign up SIGN UP search


moms-life

Menu Takjil: Resep Risoles Sayur, Sehat dan Ekonomis Banget Nih Bun

Mutiara Putri Rabu, 05 May 2021 14:45 WIB
Indonesian Food Risoles on white plate Risoles/Foto: Getty Images/iStockphoto/rikirisnandar
Jakarta -

Gorengan adalah salah satu menu takjil yang tak pernah absen memenuhi meja makan saat menjelang buka puasa ya, Bunda. Ada banyak jenis gorengan yang bisa Bunda santap sebagai camilan berbuka, nih.

Salah satu gorengan yang menjadi favorit adalah risoles, Bunda. Risoles atau risol adalah pastri yang biasanya berisi daging cincang. Selain itu, kini banyak orang yang menjual risoles dengan isi sosis, telur, dan mayonais, Bunda.

Untuk Bunda yang enggak terlalu menyukai daging, Bunda bisa nih membuat risoles dengan isian sayur. Selain lebih sehat, harganya juga lebih terjangkau lho, Bunda.


Risoles dibuat dengan dilapisi tepung panir dan kocokan telur ayam. Setelahnya, risoles bisa Bunda goreng hingga warnanya berubah menjadi cokelat keemasan. Bunda juga bisa hidangkan risoles dengan cabai rawit hijau, lho.

Kalau Bunda ingin coba membuat risoles sayur sendiri di rumah, ada cara mudahnya nih, Bunda. Kanal YouTube Mama Adeeva membagikan resep dan cara membuat risoles sayur yang sehat dan ekonomis.

Bahan isi:

250 gram kentang, cuci bersih, potong kecil-kecil
3 buah wortel, cuci bersih, potong kecil-kecil
1 batang daun bawang, iris tipis
1 batang seledri, iris tipis
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
Sedikit merica
Gula pasir secukupnya
Garam secukupnya
Kaldu ayam bubuk secukupnya

Bahan kulit:

150 gram tepung terigu
2 butir telur
Sedikit garam
250 ml air

Bahan pelapis:

Tepung panir secukupnya
5 sdm tepung terigu
Sedikit garam
Air secukupnya
Margarin secukupnya untuk olesan teflon

Cara membuat:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, merica, dan sedikit garam ya. Tumis bumbu halus hingga harum kemudian masukkan kentang, wortel, daun bawang, dan seledri. Tambahkan gula pasir, garam, dan kaldu bubuk. Aduk hingga merata.
  2. Jika sudah merata, beri air secukupnya dan masak hingga kentang dan wortel empuk serta airnya menyusut. Agar lebih cepat, tutup wajannya.
  3. Tekan-tekan dengan spatula hingga kentangnya setengah hancur dan mengental dengan sendirinya. Matikan api dan sisihkan.
  4. Kulit: Campurkan tepung terigu dan garam. Aduk hingga rata. Masukkan dua butir telur lalu aduk hingga rata dan diberi air sedikit demi sedikit. Saring adonan hingga tidak ada yang menggumpal.
  5. Panaskan teflon dengan api kecil kemudian lapisi dengan sedikit margarin. Ambil satu sendok sayur adonan kemudian tuang ke dalam teflon. Tunggu hingga kulit mengering dan angkat. Ulangi hingga adonan habis.
  6. Ambil satu lembar kulit risoles, kemudian isi dengan satu sendok makan isian sayur. Lipat dan gulung kulit hingga isinya tidak keluar. Lakukan hingga kulit dan isian habis.
  7. Lapisan: Campur tepung terigu dengan sedikit garam, kemudian beri air secukupnya. Aduk hingga larut.
  8. Ambil risol lalu celupkan ke adonan tepung terigu. Kemudian balurkan ke tepung panir. Lakukan hingga risoles habis. Dinginkan di dalam freezer selama 5 hingga 10 menit agar tepung panir menempel sempurna.
  9. Panaskan minyak secukupnya, goreng risoles dengan api kecil hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.

Bunda, simak juga yuk resep membuat risol mi dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(mua)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi