sign up SIGN UP search


moms-life

Hukum Islam soal Beli Baju Baru untuk Lebaran, Bunda Perlu Tahu

Muhayati Faridatun Senin, 10 May 2021 18:15 WIB
Keluarga muslim caption
Jakarta -

Saat merayakan Hari Raya Idul Fitri, salah satu budaya di Indonesia adalah halal bihalal pakai baju baru. Tak jarang juga yang mengenakan sarimbit atau seragam sekeluarga.

Bunda dan keluarga bagaimana nih, termasuk tim pakai baju Lebaran atau enggak? Karena sudah membudaya, sebagian orang mungkin merasa kurang afdol kalau enggak pakai baju baru saat Hari Raya Idul Fitri.

Terkait budaya ini, dikatakan Ustazah Masunah Syakir, S.E., MEK., menyambut Idul Fitri sudah dilakukan jauh-jauh hari. Bahkan sebelum Ramadhan, yang dipikirkan adalah Hari Raya.


"Idul Fitri bagi umat Islam sangat berkesan karena merupakan bagian dari kemenangan, setelah satu bulan menghadapi bulan tarbiyah pada bulan Ramadhan," kata Ustazah Mahsunah.

Banner Muslimahpedia untuk Artikel

Ia menambahkan, dalam menyambut kemenangan itu, sudah menjadi budaya bahwa kita mempersiapkan segala sesuatunya. Ini tak lain karena adanya budaya silaturahmi, yang kita kenal dengan istilah halal bihalal.

Nah, tuan rumah yang open house biasanya menyajikan hidangan istimewa, tak jarang pula yang memperindah rumah misal mengecat dengan warna baru, atau menambah dekorasi. Yang tak ketinggalan, tentu mempersiapkan baju baru.

Sebenarnya, bagaimana ya menurut hukum Islam? Ustazah Mahsunah menerangkan, "Rasulullah mengatakan, tidak harus baru. Yang disabdakan Rasulullah pada Hari Raya yakni untuk memakai pakaian terbaik, memang ada perintahnya."

"'Bukan baju baru, tetapi pakaian terbaik yang saya punya', begitu cerita Ali bin Abi Thalib. 'Selain memakai pakaian yang kami punya, kami juga memakai wangi-wangian yang kami punya'."

Ustazah Mahsunah lalu mengingatkan, hal yang harus diperhatikan adalah fungsi pakaian dalam Islam yakni untuk menutup aurat, menjaga kesehatan, sebagai perhiasan, dan menjaga diri. Jadi, tak harus baju baru untuk Lebaran ya.

Penjelasan Ustazah Mahsunah selengkapnya, bisa Bunda tonton dalam video Muslimahpedia HaiBunda bersama 'Aisyiyah di bawah ini.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!