sign up SIGN UP search


parenting

Turuti Anak Beli Baju Lebaran atau Lebih Baik Disumbangkan?

Melly Febrida Sabtu, 23 May 2020 10:05 WIB
A Muslim mother is smiling while sitting on the couch, with her daughter in her lap. They are both wearing headscarves while cuddling each other. Ilustrasi anak minta dibelikan baju Lebaran/ Foto: Getty Images/FatCamera
Jakarta -

Anak-anak pastinya senang banget ya Bun, Lebaran tinggal menghitung hari. Nah, kalau anak-anak biasa mengenakan pakaian baru saat Idul Fitri, bagaimana dengan tahun ini?

Lebaran kali ini tentunya sangat berbeda. Semua umat muslim harus merayakannya di tengah-tengah pandemi Corona. Bunda mungkin enggak berpikir membeli pakaian baru untuk anggota keluarga.

Saat Idul Fitri, Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam menganjurkan, gunakanlah pakaian terbaik. Untuk pakaian terbaik, maksudnya pakaian yang bersih dan paling baik yang kita miliki. Dan tentunya sesuai syariat Islam seperti harus menutup aurat. Ini bukan berarti wajib membeli pakaian baru, Bunda.


Dikutip dari CNN Indonesia, dosen UIS Syarif Hidayatullah Tangerang Selatan, Syafiq Hasyim menjelaskan, hukum menggunakan baju baru saat Lebaran bukan suatu kewajiban, melainkan mubah. Mubah berarti boleh atau diizinkan menurut agama atau tidak dilarang.

"Memakai baju baru saat Lebaran enggak wajib, tapi mubah," kata Syafiq.

Ilustrasi ibu dan anakIlustrasi ibu dan anak/ Foto: Getty Images

Pakaian baru saat Lebaran bukan cuma tradisi di Indonesia, di negara lain juga melakukannya. Namun, misalnya di India, badan-badan keagamaan sudah mengeluarkan permohonan untuk tidak membeli pakaian baru, dan menyumbangkan uangnya untuk orang kurang beruntung.

"Karena dunia sedang melalui fase sulit karena COVID-19 dan banyak yang kehilangan nyawa mereka, saya meminta semua untuk merayakan Idul Fitri dengan kesederhanaan," kata Ketua Pusat Islam India, Maulana Khalid Rasheed Farangi Mahali, dilansir New18.

Biasanya, orang berusaha mengenakan pakaian terbaiknya sejak menjalankan salat Ied berjamaah di masjid, musala, atau lapangan, bersama orang-orang sekitar. Tapi, Lebaran tahun ini berbeda. Bunda yang tinggal di kawasan rawan penyebaran Corona boleh salat Ied di rumah. Salat Idul Fitri bisa dilaksanakan sendirian atau berjamaah dengan keluarga.

"Salat Idul Fitri boleh dilaksanakan di rumah dengan berjamaah bersama anggota keluarga atau sendiri (munfarid), terutama yang berada di kawasan penyebaran COVID-19 yang belum terkendali," kata MUI dalam Fatwa tentang Panduan Kaifat Takbir dan Shalat Idul Fitri Saat Pandemi COVID-19, dikutip dari situs resmi MUI.

Dengan kondisi pandemi seperti ini, apakah Bunda dan keluarga akan tetap beli pakaian baru untuk dipakai Hari Raya nanti? Tentu ini pilihan ya. Yang pasti, penjelasan para pakar di atas bisa jadi acuan Bunda kalau si kecil bertanya, kenapa kita enggak perlu pakai baju baru saat Lebaran.

Bunda, simak juga yuk tradisi Ramadhan keluarga Ria Enes, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi