sign up SIGN UP search

moms-life

Tasya Kamila Ceritakan Awal Suami Kena Kanker, Batuk & Kelelahan Sampai Pijat

Annisa Afani Rabu, 12 May 2021 11:20 WIB
Tasya Kamila dan Randi Bachtiar caption
Jakarta -

Belum lama ini, Tasya Kamila mengabarkan bahwa suaminya, Randi Bachtiar, mengidap kanker getah bening, Bunda. Hal tersebut ia ungkap melalui postingan di Instagram, beberapa waktu yang lalu.

Kemudian, Tasya dan Randi membagikan cerita bagaimana perjalanan melawan penyakit tersebut. Melalui kanal YouTube miliknya, mereka menjelaskan mulai dari gejala awal yang dirasakan hingga pengobatan dan pengobatan yang telah dijalani. 

Untuk Bunda ketahui, kanker getah bening yang Randi alami tersebut pertama disadari sejak 2019. Hal tersebut diketahui ketika Randi sedang berolahraga.


Randi sendiri mengatakan bahwa tak ada gejala berat yang dirinya alami. Bahkan, ayah satu anak tersebut hanya mengira bahwa dirinya hanya mengalami kelelahan hingga alami sesak di dada.

"Sebenarnya enggak ada gejala yang terlalu berat sih. Cuma pas 2019 pas gue mau latihan buat marathon, gue setiap malam selalu kebangun terus merasa sesak di dada," kata Randi dikutip dari channel YouTube Tasya Kamila, Selasa (11/5/2021).

Rasa sakit yang Randi Bachtiar alami tersebut terjadi sekitar pukul 01:00, Bunda. Dengan kondisi tersebut, suami Tasya Kamila itu terpaksa harus duduk selama kurang lebih 20 menit demi dapat bernapas dengan normal, barulah ia kembali tidur.

Dalam kesempatan yang sama, Tasya menambahkan bahwa pada awalnya ia menduga Randi hanya mengalami pegal-pegal. Ia berpikir suaminya itu kurang gerak atau justru terlalu banyak latihan.

Dengan dugaan tersebut, Randi pun memilih untuk melakukan pijat fisioterapi. Randi berharap upaya itu dapat mengatasi rasa pegal yang mengganggunya.

Sejauh itu, Randi dan Tasya tetap tak berpikiran negatif. Terlebih lagi, tak ada tanda ataupun tonjolan yang cukup untuk membuat mereka curiga.

"Cuma kami enggak pernah ada curiga bahwa ini sesuatu yang berbahaya atau apa. Enggak ada sesuatu yang terlihat jelas, enggak ada tonjolan atau pun benjolan apa pun," kata Tasya.

Hingga pada Oktober 2020 lalu, Randi pun alami batuk yang cukup mengkhawatirkan. Tak tanggung-tanggung, batuk tersebut bertahan lama sampai kurang lebih tiga minggu lamanya.

Dengan situasi pandemi COVID-19, keduanya sempat mengira bahwa batuk tersebut merupakan salah satu gejala infeksi virus. Randi pun lantas mencoba lakukan tes PCR hingga beberapa kali, namun semua hasilnya negatif, Bunda.

Pengobatan untuk batuk pun terus diupayakan. Namun tetap saja, batuk tersebut tak sembuh. Malah, pada suatu hari, Randi batuk yang disertai dengan keluarnya darah.

Berangkat dari hal ini, Tasya pun memutuskan untuk bawa Randi ke dokter spesialis paru. Ia menjalani rontgen dan barulah diketahui adanya massa yang mengisi rongga dada Randi.

Setelah itu, Randi pun mendapat diagnosa kanker limfoma hodgkin atau dikenal kanker kelenjar getah bening. Keduanya pun merahasiakan penyakit selama berbulan-bulan itu karena ingin fokus menjalani pengobatan.

"Jadi berdasarkan biopsi, diagnosa awal adalah Thymoma sehingga harus dilakukan prosedur pengangkatan tumor dengan operasi."

"Namun dokter bilang, diagnosis ini belum bisa ditegakkan secara pasti sebelum tumor yang diangkat diperiksa Patologi Anatomi."

"Dengan keadaan tumor yang semakin membesar, ditambah batuk dan sesak yang semakin mengganggu aktivitas Randi, pada Januari 2021, kami memutuskan untuk mengikuti arahan dokter untuk operasi," beber Tasya.

Selengkapnya, simak di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, simak juga tips memilih wadah plastik yang bebas kanker dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

KONDISI RANDI BACHTIAR SAAT INI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!