sign up SIGN UP search

moms-life

6 Fakta Tanaman Hias Bunga Peony, Bisa Hidup Sampai 100 Tahun Bun

Vauri Audia Kamis, 20 May 2021 04:00 WIB
lovely peony pink and white flowers on background of wall,  sweet home, rustic caption

Siapa yang tidak kenal bunga peony? Bunga ini sangat populer di antara para pecinta tanaman hias bunga. Peony adalah salah satu bunga paling sensual dan sering dianggap sebagai metafora untuk kecantikan wanita. Kecantikan dan kelopaknya yang besar memberikan kesan mewah.

Jika Bunda menyukai banyak kelopak dan wewangian, peony adalah pilihan yang tepat untuk diberikan kepada pasangan, orangtua, sahabat, maupun kerabat. Bunga-bunga ini membawa banyak sejarah dan mitos yang kaya akan makna.

Selain itu, tanaman hias bunga peony juga sangat indah bila tumbuh di halaman belakang rumah Bunda. Bila dirawat dengan baik, bunga peony dapat hidup hingga 100 tahun, lho. Lama sekali ya, Bunda!


Sebelumnya, simak dulu yuk, fakta unik mengenai tanaman hias bunga peony ini, dikutip dari sumber Better Homes & Gardens.

Banner Tanaman Hias Pengusir NyamukBanner Tanaman Hias Pengusir Nyamuk/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

1. Peony Memiliki Sejarah Selama Berabad-abad

Nama lain dari Peony yaitu Mudan, begitulah masyarakat China menyebutnya dan termasuk sebagai simbol bunga nasional sejak tahun 1903 (sekarang secara resmi menjadi bunga plum).  

Di China, bunga peony sangat sering digunakan pada upacara pernikahan karena diyakini memiliki makna dalam urusan cinta, kemakmuran, kebahagiaan, dan juga nasib yang lebih baik.

Popularitas tanaman ini mulai menyebar ke Jepang pada awal abad ke-11, kemudian ke Prancis dan Inggris pada abad ke-18. Pada akhir 1800-an dan awal 1900-an, peony mulai populer di Amerika Serikat juga. 

Peony bahkan menjadi bunga negara bagian Indiana pada tahun 1957, menggantikan zinnia untuk lambang kehormatan.

2. Memiliki Jumlah Varietas yang Besar

Memiliki lebih dar 6500 varietas yang tersebar luas di berbagai negara membuat tanaman hias bunga ini tak luput dari perhatian masyarakat. Sebagian besar varietasnya paling baik bila diletakkan di bawah sinar matahari penuh, walaupun ada beberapa yang menyukai di tempat teduh.

3. Bunga Peony Berasal dari Mitologi Yunani

Paeon adalah seorang murid dari seorang Dewa Penyembuh dalam Mitologi Yunani yang bernama, Asclepius. Paeon ini bukan sembarang murid, dia memiliki kecerdasan yang sangat luar biasa.

Kelebihan yang dimiliki Paeon membuat sang guru yang bernama Asclepius menjadi iri dan berniat akan mencelakakan si Paeon. Untungnya, Dewa Zeus mengetahui hal ini, lalu menyelamatkan sang murid dengan cara mengubahnya menjadi tanaman hias bunga Peony yang kita kenal. 

Untuk fakta lainnya, KLIK BACA HALAMAN SELANJUTNYA, Bunda!

Simak video berikut untuk lihat informasi seputar mitos merawat tanaman hias sukulen:

[Gambas:Video Haibunda]



BERKHASIAT SEBAGAI OBAT JUGA SIMBOL KEBERUNTUNGAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!