sign up SIGN UP search


moms-life

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Bila Nikahi Pria ABG, Pelajaran Kasus Larissa Chou

Annisa Afani Sabtu, 05 Jun 2021 13:31 WIB
Kenangan Manis Alvin Faiz dan Larissa Chou Saat Makan Bareng caption
Jakarta -

Beberapa waktu belakangan, ramai dibicarakan masalah perceraian Alvin Faiz dan Larissa Chou. Keputusan mereka yang menikah muda pada lima tahun silam, membuat netizen pun bertanya-tanya. Apakah ini menjadi salah satu faktor perceraian mereka?

Banyak yang menduga, usia yang belum matang membuat keputusan cerai menjadi akhir dari masalah rumah tangga mereka. Apalagi setelahnya, beredar curhatan Larissa Chou yang menyebut bahwa Alvin tidak membimbingnya ketika menikah. 

Bahkan, sebagai suami Alvin disbeut-sebut tidak menunjukkan perhatiannya kepada anak saat sedang sakit. Dalam kesehariannya, Alvin yang menikah di usia 17 tahun masih sering menjalankan hobinya bermain bola. Alvin dan Larissa merupakan satu dari sekian banyak pasangan muda yang berujung pada perceraian.


Menurut data yang dirilis UNICEF, pernikahan yang dilakukan sebelum anak berusia 18 tahun menjadi pelanggaran mendasar terhadap hak asasi manusia. Karena, pada dasarnya ada banyak faktor yang menempatkan seorang anak pada risiko pernikahan.

Banner Raeni Anak Tukang Becak CumlaudeBanner Raeni Anak Tukang Becak Cumlaude/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Risiko pernikahan yang dimaksud antara lain kemiskinan, persepsi bahwa pernikahan akan memberikan 'perlindungan', kehormatan keluarga, norma-norma sosial, hukum adat atau agama yang membenarkan praktik tersebut, kerangka legislatif yang tidak memadai hingga keadaan suatu negara.

Pada umumnya, praktik ini lebih umum terjadi di antara anak perempuan daripada anak laki-laki. Walau begitu, ini merupakan pelanggaran hak tanpa memandang jenis kelamin.

Perlu untuk dipahami pula nih, Bunda, perkawinan anak sering kali membahayakan perkembangan, khususnya bagi seorang gadis. Hal ini terkait soal kehamilan dini, isolasi sosial, mengganggu pendidikan dan membatasi kesempatannya untuk berkarier.

Meskipun dampaknya pada pengantin pria anak belum dipelajari secara ekstensif, pernikahan mungkin juga menempatkan anak laki-laki dalam peran dewasa yang tidak mereka persiapkan. Sekali lagi ini juga dapat menempatkan tekanan ekonomi pada keduanya.

Sejauh ini, masalah pernikahan anak juga telah dibahas dalam sejumlah konvensi dan kesepakatan internasional. Misalnya, ini mencakup hak atas perlindungan dari perkawinan anak dalam pasal 16.

Banner Raeni Anak Tukang Becak CumlaudeBanner Raeni Anak Tukang Becak Cumlaude/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Dalam pasal tersebut, dinyatakan bahwa: "Pertunangan dan perkawinan seorang anak tidak akan mempunyai akibat hukum, dan segala tindakan yang diperlukan, termasuk undang-undang, harus diambil untuk menentukan usia minimum untuk menikah ...."

Secara global, tercatat ada 115 juta laki-laki dan laki-laki menikah sebelum usia 18 tahun. Meskipun jumlah pengantin pria anak lebih sedikit dibandingkan dengan pengantin perempuan anak, mereka juga mengalami pelanggaran hak yang mempersingkat masa kanak-kanak mereka.

"Memang ketika seseorang masih ada di usia 20 tahun ke bawah, umumnya secara mental mereka baru memasuki usia dewasa awal dan baru lepas dari masa remaja."

"Di mana masa remaja biasanya memang yang lebih utama ada peer group atau teman sebaya (bukan pasangan)," tutur Psikolog Klinis Danang Baskoro pada HaiBunda, Jumat (5/6/2021).

Untuk Bunda ketahui, saat menikah lima tahun lalu, Larissa Chou sendiri baru menginjak 20 tahun. Sedangkan Alvin Faiz, ia berusia tiga tahun lebih muda, yakni 17 tahun. Usia putra sulung almarhum Ustaz Arifin Ilham itu rupanya di bawah ketentuan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Disebutkan dalam UU No. 16/2019 tentang Perubahan atas UU No. 1/1974 tentang Perkawinan, usia minimal kawin perempuan sudah dinaikkan dari 16 tahun menjadi 19 tahun. Dengan demikian, usia kawin perempuan dan laki-laki sama-sama 19 tahun.

Penjelasan selengkapnya, simak di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, simak juga cerita kencan pertama Whulandary dengan suami asal Malaysia dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

KASUS SERUPA ALVIN DAN LARISSA JUGA SERING TERJADI PADA PASANGAN LEBIH TUA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi