sign up SIGN UP search


moms-life

3 Resep dan Cara Membuat Kue Cubit dengan Berbagai Topping

Melly Febrida Selasa, 08 Jun 2021 19:35 WIB
Kue Cubit, a popular street food and snack from Betawi, Jakarta. It is the Indonesian version of Dutch's poffertjes; with added topping of chocolate sprinkles instead of powder sugar. The kue cubit are arranged on a natural wooden bowl. A wooden block is used as the base; which then placed on a metal baking sheet. caption

Kue cubit termasuk salah satu jajanan anak yang banyak dijumpai di sekolah. Sayangnya, kini kue cubit semakin langka. Jika rindu dengan jajanan ini, mungkin Bunda bisa coba buat kue cubit sendiri dengan resep ini di rumah.

Biasanya, anak-anak menyukai kue cubit setengah matang, Bunda. Seperti namanya, kue cubit setengah matang ini hanya terlihat kering di bagian luar namun bagian dalamnya masih basah. Tapi, yang matang sempurna pun favorit banyak orang, Bunda!

Mau matang sempurna atau setengah matang, Bunda bisa mengreasikan kue cubit dengan berbagai topping sesuai selera, mulai dari coklat, keju, meises, maupun berbagai macam selai.


Makin ngiler pengin nyicip enggak, Bunda? Langsung aja yuk, lihat resep kue cubit di bawah ini:

Resep Kue Cubit Nutella 

Resep ini gampang lho Bun, bahannya enggak terlalu banyak tapi hasilnya enak. Resep kue cubit ini dibagikan di channel Youtube Willgoz Kitchen

Bahan:

100 gram tepung terigu
75 gram gula pasir
2 butir telur
1/2 sdt vanilla extract
2 sdm margarin cair
1/3 sdt baking powder
1/3 sdt baking soda
Selai nuttela

Cara membuat:

  1. Aduk gula pasir dan dua butir telur dalam wadah, sampai gulanya mengembang bersama telur.
  2. Tambahkan vanila extract, baking soda, dan baking powder. Aduk merata sampai mengembang agak pucat.
  3. Kemudian, tuang tepungnya sedikit demi sedikit agar tidak menggumpal.
  4. Tambahkan margarin cair, aduk lagi sampai rata.
  5. Kalau sudah halus dan konsistensinya langsung turun ke bawah dengan merata, bukan menumpuk, itu artinya sudah sesuai kekentalannya. Sekali lagi, pastikan adonanya halus dan lembut, tidak ada gumpalan.
  6. Masukkan nutella ke pipping bag.
  7. Siapkan cetakan. Kalau Bunda tidak punya cetakan khusus kue cubit, bisa menggunakan cetakan lain seperti cetakan telur yang lumayan dalam. Panaskan cetakan dengan api kecil.
  8. Bunda bisa mengoleskan margarin ke cetakan yang bukan nonstick. Namun, jika cetakannya anti lengket, adonannya bisa langsung menuangkan adonan.
  9. Kalau kue cubit sudah muncul gelembung-gelembung di pinggir adonan, tapi tengahnya terlihat masih basah, kue cubit sudah siap diangkat.
  10. Lumuri Nutella di atasnya dan kue cubit siap disantap, Bunda.

Lihat resep kue cubit lainnya di halaman selanjutnya.

 

 

KUE CUBIT TOPPING MANIS GURIH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi