sign up SIGN UP search


moms-life

Resep Cheese Cake Tanpa Oven, Mudah dan Lezat Bun!

Kamis, 10 Jun 2021 22:45 WIB
Chesee Cake Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Siapa sih yang nggak suka cheese cake? Kue bertekstur lembut dan meleleh di mulut ini menjadi favorit di segala usia. Meski pertama kali dibuat oleh bangsa Yunani kuno, cheese cake kini telah menjadi hidangan populer di kalangan banyak orang, bahkan disukai oleh anak-anak.

Membuat cheese cake bisa dibilang sedikit rumit karena memerlukan beberapa perangkat elektronik seperti oven untuk memanggangnya. Terlebih dulunya kue ini terbuat dari keju muda yang terbuat dari domba dan dicampur dengan terigu, telur dan madu.

Tapi seiring perkembangan zaman, resep ini sudah mengalami perubahan yang signifikan. Bahkan, Bunda juga bisa lho buat cheese cake untuk Si Kecil dan keluarga tanpa alat pemanggang dengan cara berikut.


Bahan-bahan

- 20 keping biskuit Marie atau jenis lainnya yang disukai
- 11 sendok makan mentega tawar, lelehkan
- 2 sendok makan gula pasir
- 2 kemasan 8 ons krim keju, suhu ruang
- 1 1/4 cangkir susu kental manis
- 1/4 cangkir jus lemon segar
- 1 sendok teh ekstrak vanili

Cara Membuat

1. Masukkan biskuit ke dalam kantong dan hancurkan hingga halus menggunakan penggilas adonan. Alternatif lain, Bunda bisa menggunakan food processor untuk menghaluskan.

2. Tuang remahan biskuit pada wadah kering, campurkan dengan mentega yang sudah dilelehkan dan gula. Aduk hingga rata.

3. Letakkan remahan biskuit pada loyang berukuran 9 inci, dan tekan pada bagian bawah dan samping. Setelah rapi dan sama rata, masukan ke dalam freezer kurang lebih 10 menit.

4. Sambil menunggu pinggiran cheesecake mengeras, kocok krim keju pada mangkuk besar hingga bertekstur sangat lembut. Kemudian, masukan susu kental manis, lemon dan vanila ekstrak.

5. Tuang isian cheesecake pada remahan biskuit yang sudah membeku dengan baik, lalu ratakan kembali dengan spatula. Tutup dengan plastik dan dinginkan hingga sempurna sekitar 2,5 - 3 jam.

6. Setelah sempurna lepaskan pengait sisi wajan, keluarkan cheese cake dan tambahkan dekorasi seperti buah-buahan atau bunga yang edible.

Agar cheesecake semakin bervariasi, Bunda dapat menyusunnya seperti kue lapis, namun ini tentunya memakan waktu yang lebih lama. Bunda juga bisa beri sentuhan akhir dengan menaruh wafer atau buah segar seperti raspberry sebagai topping. Setelah itu, masukan ke dalam kulkas selama 30 menit dan cheese cake pun siap disantap bersama keluarga!

Jika Bunda dan Si Kecil pencinta cokelat, Bunda dapat mengganti base cheese cake dengan wafer berukuran 10 ons dan mengisinya dengan choco chip. Masih banyak juga variasi lainnya yang bisa Bunda gunakan untuk memodifikasi resep ini.

Untuk mempermudah proses memasak, pastikan untuk melengkapi semua peralatan Bunda hanya di Ruparupa. Adapun Ruparupa merupakan platform yang menyediakan aneka produk rumah tangga sepertiĀ dapur minimalis, cabinet dan lemari berkualitas.

Bunda, yuk temukan semua kebutuhan rumah tangga di Ruparupa sekarang juga.

(adv/ega)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi