sign up SIGN UP search


moms-life

3 Resep Olahan Daging Sapi, Ada Perkedel dan Bistik Jawa

Melly Febrida   |   Haibunda Rabu, 30 Jun 2021 19:40 WIB
perkedel kentang daging caption

Daging merah memang tidak direkomendasikan sering-sering dikonsumsi orang dewasa karena alasan kesehatan. Tapi, untuk anak-anak kebutuhan protein hewani yang dibutuhkan pertumbuhannya dapat diperoleh dari mengonsumsi berbagai resep daging sapi.  

Ahli gizi saja menyarankan sebaiknya balita makan satu atau dua ons daging sapi, ayam, atau ikan setiap harinya. Seperti kita tahu, daging menawarkan sumber protein, zat besi, seng, selenium, vitamin, dan lemak sehat yang membantu otak anak berkembang.

Mengutip Daily Mail, daging, unggas, ikan, termasuk yang menyediakan sumber protein yang baik, yang penting untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan jaringan tubuh, Bunda. Daging merah menyediakan sumber zat besi terbaik dan paling mudah diserap.

Kekurangan zat besi malah berisiko anemia. Biasanya ditandai dengan kulit pucat, letih, pusing, moody, kurang nafsu makan dan menurunnya konsentrasi dan belajar. Kebutuhan zat besi pada anak ini juga beda-beda, tergantung usianya.


Sebenarnya masih banyak manfaat daging merah buat anak. Tidak hanya pemenuhan kebutuhan zat besi, daging merah juga bagus untuk jantung, sistem saraf pusat dan hati karena kandungan asam lemak omega 3-nya. Bahkan kandungan seleniumnya penting dalam pembentukan zat antioksidan untuk sistem kekebalan anak seperti dilansir Our Everyday Life.

Nah, untuk itu, Bunda bisa coba beberapa resep olahan daging sapi yang dilansir dari buku Resep Masakan Pilihan Keluarga Daging, karya RIH Lasmiatik berikut ini, ya.

1. Perkedel Daging 

Bahan:

  • 500 gram daging giling 
  • 1 kg kentang, kupas, goreng, haluskan 
  • 5 btg daun seledri, iris halus 
  • 3 btr telur, pisahkan kuning dan putihnya 
  • 10 siung bawang putih, iris, goreng.  haluskan 
  • 1 sdm bubuk merica 
  • 1 bungkus kaldu bubuk instan rasa sapi 
  • Garam secukupnya 
  • Minyak secukupnya, untuk menggoreng 

Cara membuat:

  1. Campur daging, kentang, daun seledri, kuning telur, bawang putih, bubuk merica, kaldu bubuk, dan garam menjadi satu, lau aduk rata. Diamkan sekitar 20 menit di dalam lemari es hingga mengeras.
  2. Ambil 1 sdm adonan, bentuk bulat pipih Lakukan hal yang sama sampai adonan habis ya, Bunda. Lalu celup ke dalam kocokan putih telur hingga terbalur rata.
  3. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng adonan perkedel hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan.  Angkat dan tiriskan.
  4. Perkedel daging siap disajikan, bisa dijadikan camilan atau buat lauk Si Kecil.

Lanjut cek resep lain di halaman berikutnya yuk, Bunda.

OLAHAN DAGING SAPI JADI RESEP LOKAL: RAWON SURABAYA DAN BISTIK JAWA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!