sign up SIGN UP search


moms-life

3 Resep Masakan Internasional Berbahan Keju, Snack Ringan Pengganjal Perut

Melly Febrida Jumat, 02 Jul 2021 09:15 WIB
fried mozzarella cheese sticks breaded caption

Banyak sekali resep makanan internasional yang menggunakan keju sebagai salah satu bahan baku pembuatannya, baik itu makanan utama maupun makanan ringan atau snack. Bagi penyuka cita rasa gurih, campuran keju pada makanan ini biasanya sulit ditolak ya, Bunda.

Keju yang sering digunakan untuk memasak antara lain keju parmesan, keju cheddar, hingga keju mozarella. Namun, ketiga keju ini memiliki rasa dan tekstur yang berbeda.

Keju cheddar biasanya berwarna kuning dan teksturnya relatif keras sehingga sering digunakan sebagai topping, sedangkan cheddar oranye sering digunakan sebagai lapisan sandwich.

Untuk parmesan, teksturnya cenderung keras dan rasanya lebih asin, sehingga lebih banyak digunakan sebagai bahan taburan untuk pasta, pizza, salad, maupun kue kering kaastengel. Sementara mozarella teksturnya lumer kental ketika panas. Nah, mozzarella ini banyak digunakan sebagai topping pizza maupun lasagna. 

Di sisi lain, Bunda penyuka keju perlu memperhatikan porsi yang dikonsumsi. Karena keju mengandung lemak jenuh yang bisa mengganggu kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.


Banner Reaksi Anak UAS


Evangeline Mantzioris, ahli gizi, menjelaskan keju mengandung berbagai komponen bergizi yang perlu diperhatikan. Sebagian besar komponen, kalsium, protein, dan lemak jenuh, juga ada dalam produk susu lainnya.  

“Kalsium penting untuk mengurangi risiko osteoporosis dan protein diperlukan untuk sintesis dan perbaikan jaringan.  Kedua hal ini memberikan manfaat yang jelas bagi kesehatan kita,” kata Mantzioris dikutip dari The Conversation

Sedangkan lemak jenuh dalam keju lebih kontroversial dalam perkembangan penyakit jantung.  

Berikut ini beberapa resep masakan internasional yang menggunakan keju seperti dilansir buku The Really Useful Ultimate Student Cook Book dengan penulis Silvana Franco. Sederhana banget, Bunda. Untuk rasa sesuaikan dengan selera masing-masing.

1. Mozarella Goreng

Bahan:

  • 150g keju mozzarella 
  • 2 sdm tepung terigu 
  • 1 butir telur, kocok 
  • 4 sdm remah roti 
  • 1 sdm peterseli segar cincang
  • Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng
  • Garam secukupnya
  • Kaldu jamur secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya

Cara membuat:

  1. Potong persegi keju mozarella. Sisihkan.
  2. Kocok telur dengan garam, lada, dan kaldu jamur. Sisihkan. Di tempat terpisah, campurkan remah roti dengan peterseli.
  3. Celupkan potongan keju mozarella ke dalam tepung, lalu celupkan ke dalam telur kocok dan kemudian balut dengan remah roti. Pastikan remah roti benar-benar menempel. Kalau perlu, Bunda bisa dua kali menggulingkan ke telur dan remah roti.
  4. Panaskan minyak dengan api sedang, pastikan suhu sudah benar Bunda. Apabila terlalu panas, remah roti akan cepat kecokelatan sebelum keju meleleh di tengah. Demikian juga, jika minyaknya tidak cukup panas, keju akan meleleh dan hancur sebelum lapisannya menjadi renyah dan keemasan.
  5. Goreng mozarella remah roti sampai berubah warna keemasan dalam 1 menit. Angkat dan tiriskan.
  6. Mozarella goreng siap disajikan.

Baca resep lain di halaman berikutnya, Bunda.

JAMUR GORENG DAN PANCAKE KENTANG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!