sign up SIGN UP search


moms-life

7 Tanaman Hias Pembersih Udara yang Bantu Jaga Kesehatan Saat Pandemi

Arina Yulistara Selasa, 06 Jul 2021 04:00 WIB
Studio photo shoot of a Nephrolepis exaltata caption

Lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia yang terjadi belakangan membuat kita semua harus ekstra effort dalam menjaga diri sendiri dan keluarga. Segala yang bisa diupayakan agar terlindungi dari virus pun dilakukan, tak terkecuali menempatkan tanaman hias pembersih udara di sekitar rumah.

Betul, Bunda, tanaman memang memiliki kemampuan membersihkan udara. Beberapa tanaman hias bahkan kemampuan membersihkan udaranya lebih menakjubkan dibanding yang lain.

Studi NASA (National Aeronautics and Space Administration) telah menunjukkan bahwa mereka tidak hanya membersihkan udara dalam ruangan tapi juga dapat menyerap mikroba termasuk bakteri berbahaya. 


Mengingat bahwa COVID-19 merupakan virus bukan bakteri, tidak ada bukti bahwa tanaman dapat membantu. Namun masuk akal kalau tanaman hias bisa membantu menjaga kesehatan Bunda di rumah.

Sejumlah tanaman hias memiliki fungsi untuk membersihkan udara dalam ruangan. Perlu diketahui kalau polusi udara dalam rumah justru bisa lebih banyak dari di luar ruangan. 

Polusi tersebut termasuk xylene yang merupakan zat yang ditemukan dalam cat. Ada pula benzena, trikloroetilena yang ditemukan dalam zat pembersih, hingga formaldehida.

Agar terhindar dari polusi udara dalam ruang, tak ada salahnya memiliki tanaman hias di rumah demi menjaga kesehatan dan imun selama pandemi. Simak deretan tanaman hias pembersih udara terbaik yang memiliki fungsi seperti air purifier. 

1. Dragon Tree

Salah satu tanaman hias pembersih udara terbaik adalah dragon tree. Tanaman hias indoor ini memiliki banyak manfaat.

Salah satunya bisa membantu membersihkan udara dari polusi dalam ruang. Selain itu, bentuknya yang unik tentu juga akan memperindah suatu ruangan.

2. Pakis Boston

Tanaman hias pembersih udara terbaik lainnya yakni pakis boston. Tak heran bila tanaman hias pakis boston sangat populer selama pandemi berlangsung. 

Tanaman hias pakis boston membantu memurnikan udara dalam rumah. Tanaman hias indoor ini menyukai cahaya sedang hingga terang namun tidak langsung matahari. Lebih cantik jika ditaro di pot gantung.

3. Pothos

Satu lagi tanaman hias pembersih udara terbaik yakni pothos. Bahkan tanaman hias indoor ini mendapatkan nilai tinggi dalam studi udara bersih dari NASA. 

Tanaman hias pembersih udara tersebut bisa membantu membersihkan menjauhkan Bunda dari formaldehida, toluena, karbon monoksida, dan xilena. Pothos tumbuh merambat dan cocok di letakkan dalam pot gantung.

Masih ada jenis tanaman hias lain di halaman selanjutnya, Bunda. Yuk lanjut baca!

BERINGIN HINGGA FLAMINGO LILY
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!