sign up SIGN UP search


moms-life

Ragam Menu Masakan Harian yang Dijamin Anti-Bosan, Ada Kari Jepangnya Nih

Tim HaiBunda Minggu, 11 Jul 2021 19:12 WIB
garang asem caption
Jakarta -

Menjaga kesehatan konsumsi harian dimulai dari menu masakan harian di rumah, Bun. Masakan yang diolah sendiri di dapur Bunda akan lebih terjamin kesehatannya.

Selain memperhatikan kesehatan, variasi menu juga perlu diperhatikan lho. Sebab, memasak dengan menu yang sama untuk jangka waktu yang cukup lama dapat terasa membosankan.

Khusus untuk Si Kecil, menu yang begitu-begitu saja juga akan menurunkan selera makannya. Maka itu Bubun hadirkan ragam ide menu masakan baru. Menu makanan harian ini bisa jadi variasi mengingat cita rasanya yang tidak biasa, Bun.


Banner Vitamin Agar Terhindar dari Covid-19Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Kari dengan Cita Rasa Khas Jepang

Ide menu masakan harian pertama yang dapat dicoba kali ini yaitu dengan memasak kari. Kali ini karinya khusus bagi keluarga Bunda yang senang dengan olahan kari yang sedikit berbeda dari biasanya.

Caranya yaitu dengan menggunakan kari dengan cita rasa khas Jepang. Kuncinya ada di penggunaan tepung maizena sebagai bahan utama agar kari dapat mengental.

Isi dari kari ini sendiri juga terbilang cukup mudah karena dapat menggunakan potongan ayam, daging, ikan, maupun sayuran. Dengan begitu kebutuhan protein, vitamin, dan mineral serta serat tetap terpenuhi dengan baik.

Cumi Pedas dengan Isian Tahu dan Telur

Salah satu ide lain dari menu masakan harian yang dapat dicoba yaitu dengan olahan cumi. Menu ini cocok bagi keluarga Bunda yang senang dengan makanan laut.

Perlu diingat bahwa menu ini tidaklah terlalu kaku harus menggunakan cumi. Karena Bunda juga dapat menggantinya dengan jenis seafood yang lain seperti kepiting, udang, atau lobster. Sesuaikan saja dengan selera dan budget yang dimiliki.

Olahan cumi kali ini dapat dimasak dengan cara yang lebih berbeda dibandingkan dengan olahan cumi biasanya. Karena dalam menu ini, Bunda menambahkan tahu dan telur sebagai isian dari cumi.

Jenis kuah yang dapat digunakan yaitu kuah santan dan pedas. Tapi jika memang Si Kecil kurang suka masakan pedas, bahan cabainya bisa Bunda hilangkan. Meski demikian, menu cumi yang satu ini di dijamin meningkatkan nafsu makan sekaligus sebagai variasi menu harian.

Jika Bunda kurang suka dengan yang berkuah, bisa juga dimasak dengan bumbu kuning. Cara memasaknya simak dalam video ini ya, Bun. 

[Gambas:Video Haibunda]

Garang Asem Pedas

Salah satu menu masakan harian yang lainnya yang cukup banyak digemari adalah garang asem. Menu khas dari Jawa Tengah ini sebenarnya cukup mudah untuk dibuat. Bahan-bahannya pun cukup mudah untuk dicari di pasaran.

Sesuai dengan namanya, garang asem memiliki ciri khas ras asam yang kuat. Isiannya bisa berupa ayam atau pun daging dengan potongan tomat yang ukurannya cukup mencolok.

Menu garang asem ini bisa digunakan sebagai menu makan siang dan malam. Pastikan ia tetap hangat dalam penyajian sehingga menambah seru menu makan harian Bunda dan keluarga. (PK)

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!