sign up SIGN UP search


moms-life

Rahasia Resep Donat Agar Empuk, Ternyata Kuncinya Ada di..

Tim HaiBunda Senin, 12 Jul 2021 06:51 WIB
Ilustrasi donat caption
Jakarta -

Donat adalah salah satu jenis camilan yang cukup digemari masyarakat. Variannya beragam mulai dari yang tampilanya polos, hingga diberi aneka macam toping menarik, seperti keju, selai, meses, dan buah segar.

Bagi Bunda yang saat ini mencari resep donat empuk, dan pastinya mudah dibuat, maka ini akan jadi resep yang tepat. Namun demikian, Bunda harus punya satu kunci mengenai rahasia resep donat empuk.

Sedikit rahasia untuk Bunda ketika membuat donat agar empuk adalah perhatikan takaran yang diberikan. Pastikan takaran air dan tepung terigu yang diberikan tepat.


Banner Vitamin Agar Terhindar dari Covid-19Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Juga perhatikan lama fermentasi yang diberikan, pastikan waktunya tepat, agar hasil donat Bunda mengembang dan merekah sempurna. Agar lebih enak, Bunda dapat menyajikannya dengan menggunakan taburan gula halus di atas donat tersebut.

Untuk membuat resep donat empuk pun ternyata tidak sulit kok Bun. Malah, Bunda dapat langsung mempraktekkannya di rumah dengan resep berikut;

Bahan membuat donat

Adapun bahan resep donat empuk yang harus Bunda siapkan kali ini tidak terlalu rumit. Adapun bahan yang diperlukan, antara lain :

  • 1 kg tepung terigu, kali ini gunakan protein tinggi.
  • 200 gr margarin, kemudian lelehkan.
  • 500 ml air hangat.
  • 10 sdm gula pasir.
  • 4 btr kuning telur.
  • 2 sdm susu bubuk.
  • 12 gr ragi instan.
  • Gula halus secukupnya.
  • Minyak goreng secukupnya. Akan lebih baik, jika Anda menggunakan minyak goreng dingin.

Cara membuat

Setelah semua bahan resep donat empuk sudah siap, maka tahapan berikutnya adalah membuatnya, yaitu:

  1. Pertama-tama campurkan beberapa bahan, seperti siapkan baskom, dan tuangkan air hangat, bersama 10 sdm tepung terigu, ragi dan juga gula. Aduk semua bahan, secara merata, searah jarum jam. Lalu tambahkan pula, semua sisa bahan secara perlahan, sambil diuleni hingga benar-benar kalis.
  2. Jika sudah kalis, maka masukkan kuning telur, susu, dan margarin, secara berurutan. Tentunya sambil terus diaduk. Terakhir tuang semua sisa tepung terigu yang ada, ke dalam wadah, sembari diuleni, hingga benar-benar kalis.
  3. Pastikan teksturnya halus, licin dan tidak lengket. Simpan dalam wadah yang sebelumnya sudah diolesi dengan minyak, dan tutup adonan dengan menggunakan kain lembap.
  4. Seperti disebutkan sebelumnya, resep donat empuk yang mudah dibuat kali ini adalah memperhatikan proses fermentasinya. Lakukan dengan benar, jika kurang lama, maka adonan belum mengembang sempurna. Maka hasilnya jadi bantat. Lakukan fermentasi ini selama sejam.
  5. Setelah sejam, ambil adonan, dan kembali diuleni, lalu buat bentuk bulatan, di atas loyang yang telah diberikan tepung terigu. Lakukan hingga semua adonan habis, dan kembali diamkan selama 10 menit.
  6. Buat lubang di bagian tengah masing-masing donat. Siapkan wajan dan beri minyak goreng secukupnya. Lalu panaskan. Goreng adonan hingga berwarna kecokelatan, angkat, dan tiriskan. (PK)

Simak juga video berikut mengenai cokelat crunch donat. Enaknya banget, Bun!

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!