sign up SIGN UP search


moms-life

6 Tanaman Hias Paling Wangi yang Bisa Bantu Rangsang Indra Penciuman

Arina Yulistara Jumat, 09 Jul 2021 04:00 WIB
Kehilangan indra penciuman saat terpapar COVID-19? Berikut tanaman hias yang bisa bantu Bunda merangsang indra penciuman. caption

Sederet tanaman hias memiliki aroma yang menenangkan. Selain membuat rumah menjadi wangi, aroma tersebut juga bisa membantu meredakan stres lho, Bunda.

Di tengah pandemi seperti ini, ada lagi manfaat aroma tanaman hias, terutama untuk urusan kesehatan terkait COVID-19. Aroma dari tanaman hias mungkin bisa Bunda manfaatkan untuk merangsang indra penciuman terutama bagi yang mengalami anosmia.

Dilansir dari BBC, sebagian besar pasien COVID-19 kehilangan indra penciuman atau anosmia ketika terpapar virus tersebut. Meski indra penciuman kembali dengan cepat namun beberapa orang mengalami anosmia hingga berminggu-minggu.


Penelitian menyebut kalau satu dari lima orang melaporkan kalau mereka masih mengalami masalah indra penciuman hingga delapan minggu setelah terjangkit COVID-19. Untuk mengembalikan indra penciuman sebenarnya ada obatnya berupa cairan.

Meski demikian, Bunda lebih disarankan mencoba berbagai cara alami untuk mengembalikan indra penciuman. Melatih indra penciuman dengan berusaha mencium aroma menyengat bisa menjadi alternatif.

Ada tanaman hias beraroma wangi semerbak yang bisa Bunda coba di rumah untuk mengembalikan indra penciuman. Tanaman hias paling wangi apa saja yang bisa membantu Bunda merangsang indra penciuman?

Berikut deretan tanaman hias paling wangi yang bisa dimanfaatkan untuk merangsang indra penciuman ketika mengalami anosmia.

1. Mint

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal International Forum of Allergy & Rhinology, para peneliti menyarankan melakukan pelatihan penciuman.

Cara latihannya bisa mengendus empat hal yang memiliki bau khas, mudah dikenali dan dekat dengan kehidupan sehari-hari, misalnya, jeruk, mint, bawang putih, atau kopi. Lakukan dua kali sehari selama beberapa bulan.

“Ini bertujuan untuk membantu pemulihan berdasarkan neuroplastisitas, kemampuan otak mengatur ulang dirinya sendiri untuk mengompensasi perubahan atau cedera,” ujar Prof Philpott.

Untuk itu, tanaman hias mint bisa menjadi solusi buat Bunda yang ingin merangsang indra penciuman. Tanaman hias mint juga sering dijadikan sebagai pengharum ruangan alami. 

2. Geranium

Tanaman hias selanjutnya yang mungkin bisa membantu Bunda merangsang indra penciuman sekaligus memberikan aroma harum dalam rumah adalah geranium. Tanaman hias yang satu ini memiliki berbagai aroma seperti lemon, peppermint, jeruk, hingga mawar. 

Seperti dalam penelitian, aroma jeruk juga bisa membantu memulihkan indra penciuman. Oleh sebab itu, Bunda bisa memilih tanaman hias geranium sebagai alternatifnya.

Simak halaman berikutnya untuk jenis tanaman hias lain, Bunda.

LAVENDER HINGGA POHON JERUK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!