sign up SIGN UP search


moms-life

Bukan Cuma Tanaman Hias, Bunda Juga Bisa Rawat Tanaman Sayur Ini di Rumah

Juan Satya Rabu, 21 Jul 2021 03:00 WIB
Tak melulu tanaman hias, Bunda bisa rawat tanaman sayur di pekarangan, lho. Simak di sini rekomendasi tanaman sayur yang cocok untuk pemula. Ilustrasi Tanaman Kangkung/JokoHarismoyo/Getty Images/iStockphoto

Kegiatan berkebun menjadi aktivitas yang dapat Bunda pilih sebagai hobi untuk mengisi waktu luang saat masa pandemi. Semenjak tahun 2020 tanaman hias begitu digandrungi, tapi tak hanya itu, Bunda juga bisa kok pelihara tanaman sayur.

Selain stress healing dari berkebun, manfaat yang didapat dari bercocok tanam di rumah adalah menikmati hasil panen sendiri. Dengan demikian, Bunda mungkin dapat menghemat dan tidak perlu sering-sering belanja ke pasar untuk memenuhi kebutuhan di rumah.

Bila Bunda tertarik untuk mulai menggeluti kegiatan ini tetapi masih bingung mengenai jenis tanaman apa yang tepat, simak yuk, lima rekomendasi tanaman sayur yang mudah untuk pemula, seperti yang dilansir dari CNNIndonesia.


1. Kangkung

Kangkung merupakan salah satu jenis tanaman sayuran yang paling mudah untuk ditanam sendiri, Bunda. Fakta menariknya, sayuran kangkung dapat tumbuh di mana pun dan sangat tangguh terhadap serangan hama.

Kangkung termasuk dalam golongan sayuran dengan pertumbuhan yang cepat. Bunda dapat menikmati masa panen kangkung setelah 3-4 minggu dari samai benih. Sayuran kangkung juga dapat Bunda panen berkali-kali jika Bunda menyisakan akarnya.

Resep Baik Selama PandemiResep Baik Selama Pandemi/ Foto: Mia Kurnia Sari

2. Sawi

Pakcoy, caisim, atau sawi merupakan kelompok tanaman sayur yang bisa dibilang cukup mudah dalam menanamnya, Bunda. Meski demikian, tingkat kemudahan dalam menanam sawi masih berada di bawah kangkung.

Tumbuhnya tunas baru pada tanaman sawi terbilang cukup lama dibandingkan kangkung. Tunas baru pada tanaman sawi umumnya akan terlihat setelah dua bulan ditanam, Bunda. Sementara dalam kurun waktu yang bersamaan, kangkung sudah bisa untuk dipanen.

3. Bayam

Bila diamati dari segi waktu, bayam termasuk dalam jenis tanaman sayur yang memiliki masa panen cepat lho, Bunda. Dari waktu semai, Bunda dapat menikmati masa panen bayam setelah menanamnya selama 30-40 hari.

Merawat tanaman bayam dapat dibilang gampang-gampang susah, Bunda. Hal ini dikarenakan bayam cukup rentan mengalami pembusukan.

Pembusukan pada tanaman bayam ini disebabkan oleh adanya jamur. Jamur ini dapat muncul apabila peralatan berkebun yang Bunda gunakan tidak steril, air yang dipakai tidak disaring, dan kurangnya oksigen pada akar tanaman bayam.

Namun, Bunda jangan takut ya untuk menanam bayam. Kondisi seperti ini umumnya dapat diatasi dengan mensterilkan instalasi hidroponik dan membuang tanaman yang sudah terinfeksi jamur. 

Selain tiga jenis tanaman sayur ini, ada juga tanaman hias yang mudah dirawat dan cocok untuk Bunda yang masih pemula untuk dunia pertanaman ini. Klik baca halaman berikutnya ya, Bunda.

LIDAH MERTUA HINGGA BAMBU REJEKI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi