sign up SIGN UP search


moms-life

Dukung Anak Sekolah Online, Ciptakan Ruang Belajar Nyaman di Rumah Minimalis

Arina Yulistara   |   Haibunda Rabu, 14 Jul 2021 04:00 WIB
Happy toddler girl with laptop and toys. Kid using computer to communicate with friends, elderly relatives or kindergartners. Education or online communication for kids. Stay at home entertainment caption

Jakarta - Meningkatnya kasus COVID-19 di Indonesia membuat rencana pemerintah untuk melangsungkan sekolah tatap muka diundur. Bahkan kini pemerintah sedang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat agar segala aktivitas lebih banyak dilakukan di rumah saja.

Bagi orang dewasa hal tersebut bisa dimengerti. Namun tidak demikian dengan anak-anak yang mungkin sudah bosan sekolah online di rumah saja.

Demi kesehatan bersama, anak-anak perlu diberikan pengertian. Untuk itu, Bunda juga harus berusaha membuat anak agar lebih betah belajar di rumah saja. 


Salah satu caranya bisa dengan menyiapkan ruang belajar yang membuat anak lebih semangat belajar di rumah. Meski rumah minimalis Bunda berada dalam luas yang tidak terlalu besar, tetap bisa menerapkan dekorasi yang menarik sesuai kebutuhan dan mengikuti kesukaan buah hati.

Banner Penyebab Janin Tidak BerkembangBanner Penyebab Janin Tidak Berkembang/ Foto: Mia Kurnia Sari

Dilansir dari Scholastic, berikut tips mendekorasi ruang belajar untuk rumah minimalis agar anak betah dan semakin semangat saat sekolah online.

1. Pahami Kebutuhan Anak

Sebelum menciptakan ruang belajar khusus di rumah minimalis, Bunda harus paham dulu kebutuhan anak seperti apa. Apakah dia suka belajar sendiri dan fokus? Atau mungkin membutuhkan lebih banyak aktivitas untuk konsentrasi?

Jika suka belajar dengan fokus, siapkan sedikit ruang di kamar tidur atau tempat terpencil yang jarang dilalui orang-orang di rumah.

Untuk anak-anak yang senang berkreativitas, perlu suasana belajar dengan Bunda ada di dalamnya, misalnya sudut ruang keluarga, dekat dapur, atau ruang tamu untuk belajar maupun sekolah online

Bagaimana pun kebutuhannya, Bunda perlu menghindari terlalu banyak gangguan. Hindari ruang yang menjadi ‘lalu lintas’ rumah minimalis Bunda.

2. Hindari Membuat Ruang Belajar yang Terlalu Nyaman

Bunda disarankan membuat ruang belajar yang nyaman agar anak betah sekolah online. Namun jangan juga terlalu nyaman, Bun. 

Pilih ruang yang membuat Bunda tetap rileks, fokus, dan waspada. Dia mungkin suka membaca buku di tempat tidur tapi jika tertidur maka tugas sekolahnya tak akan selesai. 

Kursi empuk mungkin menjadi pilihan lebih baik ketika senang membaca di tempat tidur. Sesuaikan dengan kebutuhan anak bukan keinginannya.

Simak juga video tentang rumah minimalis di bawah ini ya Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS RUANG BELAJAR DI RUMAH MINIMALIS: HARUS ERGONOMIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!