sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Merawat Tanaman Hias Monstera Variegata dari Pakar, Penting Bun!

Mutiara Putri Kamis, 15 Jul 2021 04:00 WIB
Tropical 'Monstera Deliciosa Thai Constellation' houseplant with beautiful white sprinkled varigated leaves in basket flower pot in living room with many plants in burry background caption
Jakarta -

Selama masa pandemi, merawat tanaman hias menjadi salah satu hobi yang diminati, Bunda. Selain kegiatannya sangat menyenangkan dan bisa dilakukan bersama si kecil, merawat tanaman hias juga bisa mengurangi stres selama karantina, lho.

Ada berbagai jenis tanaman hias yang menarik perhatian nih, Bunda. Salah satunya adalah tanaman hias tropis monstera yang unik.

Monstera merupakan tanaman yang kerap digunakan sebagai pelengkap dekorasi interior minimalis dan Skandinavia, Bunda. Daunnya yang pecah dan berlubang menjadi salah satu hal yang menarik perhatian para kolektor.


Ternyata beberapa kolektor banyak memburu monstera dengan jenis variegata, Bunda. Variegata merupakan kondisi saat tumbuhan mengalami mutasi alami dan kekurangan zat hijau daun. Karena itu, sebagian warna daunnya akan berwarna putih.

Karena warnanya yang unik, harga monstera variegata bisa selangit, Bunda. Harganya mulai dari Rp900 ribu hingga jutaan rupiah per daunnya. Harga monstera variegata ditentukan berdasarkan banyaknya daun, lebar daun, hingga motif yang dimiliki.

Tips merawat monstera variegata

Voni, Eks Dokter Hewan yang Jualan TanamanVoni, Eks Dokter Hewan yang Jualan Tanaman/ Foto: Instagram: @voni_amri

Kalau Bunda ingin coba merawat tanaman hias monstera variegata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, nih. Berikut tips yang diberikan Voni Indah Dwi Susanty, dokter hewan yang kini berjualan tanaman hias dengan omzet ratusan juta.

1. Pupuk

Untuk menanam monstera variegata, pemberian pupuk perlu diperhatikan nih, Bunda. Terlebih jika monstera variegata yang Bunda miliki adalah monstera buatan yang terjadi karena hormon.

Voni menjelaskan bahwa pupuk yang perlu digunakan untuk monstera variegata adalah pupuk yang terbuat dari bahan organik, Bunda. Hal ini lantaran pupuk kimia memiliki zat yang dapat meningkatkan zat hijau daun.

"Ketika kita berikan treatment pupuk berbasis kimia yang ada bahan untuk meningkatkan klorofil (zat hijau daun), monstera variegata akan berubah jadi hijau lagi," katanya pada HaiBunda beberapa waktu lalu.

2. Cahaya

Monstera variegata bisa tumbuh dengan baik jika diletakkan di tempat yang terang, Bunda. Untuk lebih mudah, letakkan monstera variegata di tempat yang bisa terkena sinar matahari pagi.

"Di aku sih standar (perawatannya). Dia (monstera variegata) ditaruh di tempat yang terang atau terkena sinar matahari pagi. Jangan ditaruh di tempat yang terlalu teduh," ungkap wanita 30 tahun ini.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video cara bersihkan tanaman hias di rumah berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



AIR HINGGA KELEMBAPAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!