sign up SIGN UP search


moms-life

Terlihat Mirip, Apa Perbedaan Tanaman Hias Pothos Vs Philodendron?

Juan Satya Sabtu, 10 Jul 2021 04:00 WIB
Golden pothos or Epipremnum aureum at window in the bedroom home and garden caption

Jakarta – Tanaman hias saat ini merupakan tanaman yang paling banyak diminati untuk dirawat ya Bunda. Kemudahan dalam merawat tanaman hias dan keunikannya menjadi alasan dipilihnya tanaman ini untuk dipelihara.

Tahukah Bunda, ternyata tanaman hias pothos dan philodendron adalah paling banyak digemari oleh masyarakat lho untuk dirawat.

Meskipun terlihat mirip, ternyata tanaman hias jenis pothos dan philodendron ini punya perbedaan ya Bunda. Perbedaan kedua tanaman ini terletak pada karakteristik dan kebutuhannya. Mengutip dari laman The Spruce, berikut ini adalah perbedaan antara tanaman hias pothos dengan philodendron. Yuk disimak Bunda!


Perbedaan Pothos & Philodendron

Bunda, bila diamati secara saksama ternyata kita bisa langsung melihat perbedaan antara tanaman hias pothos dan philodendron, lho. Perbedaan yang bisa dilihat seperti taksonomi mereka, bentuk, dan tekstur daunnya, akar udara dan tangkai daun, kebiasaan pertumbuhan dan daun baru mereka, serta persyaratan tumbuh mereka.

Berikut adalah penjelasannya ya Bunda.

Taksonomi

Bunda, taksonomi adalah cabang ilmu yang berkaitan dengan klasifikasi kelompok organisme biologis dan diberi nama serta diatur dalam kelompok genera dan keluarga.

Pada dasarnya taksonomi ini berkaitan dengan tata nama bogani, lho Bunda.

Pothos dan philodendron adalah dua jenis tanaman terpisah dan berbeda yang termasuk genera terpisah. Jadi Bunda, pothos termasuk genus Epipremnum sedangkan philodendron termasuk genus Philodendron.

Adapun mereka terlihat mirip karena mereka berada di bawah keluarga yang sama, Bunda. Jadi pothos dan philodendron ini terlihat mirip karena mereka merupakan bagian keluarga dari tanaman aroid (Araceae), ya Bunda.

Perbedaan bentuk dan tekstur daun

Tanpa disadari salah satu cara termudah untuk membedakan antara tanaman hias Pothos dan Philodendron adalah dari bentuk dan tekstur daunnya, lho Bunda.

Jadi daun Philodendron memiliki lebih banyak daun berbentuk hati yang lebih tipis dengan tekstur lembut, Bunda. Sedangkan Pothos memiliki daun yang lebih besar, lebih tebal, dan lebih berlilin.

Bila Bunda amati, perbedaan keduanya terletak di daerah tangkai daun yang terhubung ke pangkal daun.

Pangkal daun pothos relatif lurus, sedangkan pangkal daun philodendron melengkung ke dalam dan berbentuk seperti bagian atas hati, lho Bunda.

Bunda, ternyata masih ada tiga perbedaan antara tanaman hias pothos dan philodendron, lho. Yuk simak perbedaan tanaman hias pothos dan philodendron dengan klik halaman berikutnya.

AKAR UDARA HINGGA PERBEDAAN PERSYARATAN TUMBUH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!