sign up SIGN UP search


moms-life

5 Contoh Jenis Tanaman Hias Daun & Ciri Khas yang Dimilikinya

Tim HaiBunda Sabtu, 17 Jul 2021 04:00 WIB
The Pothos with a Natural Light in the Morning Summer Day caption
Jakarta -

Sadarkah Bunda semenjak pandemi melanda, jadi semakin banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk sekadar membeli tanaman hias daun di pasaran?

Tujuan dari pembelian tanaman ini tentu saja bukan semata-mata ingin menghamburkan uang. Namun, ada beberapa faktor pendorong, seperti ingin membuat rumah tampak lebih sejuk dan sehat, serta untuk meredakan stres. Terlepas dari itu, mereka yang memiliki tanaman hias di rumah juga ternyata karena alasan hobi.

Definisi tanaman hias daun

Banner Rektor Termuda IndonesiaFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Sebelum Bunda mengetahui mengenai macam-macam jenis tanamannya, tahukah mengenai apa itu tanaman hias daun?


Ya, tanaman hias daun ini umumnya merupakan sejenis tanaman hias yang memiliki sisi keindahan dari bagian daunnya. Adapun sisi keindahan yang ditampilkan tanaman hias ini bisa terlihat dari bentuk, warna, hingga ukurannya.

Aneka jenis tanaman hias daun

Pada umumnya, tanaman hias ini memiliki kegunaan dalam memberikan kesan sentuhan manis di dalam rumah. Bahkan, seiring dengan meningkatnya minat masyarakat, jadi diketahui banyak sekali ragam jenis tanaman hias daun yang ada di Indonesia.

Lantas, tahukah Bunda apa saja macam-macam tanaman hias daun yang paling umum dibudidayakan di Indonesia?

1. Tanaman hias daun kuping gajah

Ini merupakan tanaman yang memiliki daun berukuran lebar, berwarna hijau tua, dan berserat putih. Tanaman hias ini umumnya sering diletakkan di teras rumah atau taman. Kuping gajah terbilang cukup mudah untuk dirawat.

2. Tanaman hias daun lidah buaya

Lidah buaya memiliki bentuk unik yakni bergerigi di bagian sampingnya. Daun lidah buaya ini umumnya berwarna hijau cerah dengan bercak putih di seluruh bagian daun. Tak hanya berfungsi sebagai tanaman hias, lidah buaya juga memiliki manfaat penting dalam menyehatkan rambut, melembapkan kulit, dan menyembuhkan luka.

3. Tanaman hias daun sirih gading

Tanaman hias daun yang satu ini umumnya memiliki warna yang cenderung kuning keemasan. Adapun keunikan dari tanaman sirih gading ini yakni daun yang unik dan sulit dibudidayakan. Wajar jika kemudian ia memiliki harga jual yang mahal dibandingkan dengan tanaman hias daun lainnya.

4. Tanaman hias daun keladi

Banyak orang yang membudidayakan tanaman hias yang satu ini karena memiliki bentuk daun yang unik menyerupai hati dengan aneka warna yang menarik. Jika melihat dari segi harga jual yang ditawarkan, tanaman keladi ini cukup terjangkau. Daun keladi ini juga memiliki zat lilin pada permukaan daun sehingga tampak lebih mengkilap.

5. Tanaman hias daun tanduk rusa

Dari namanya yang cukup unik, tanaman hias daun ini termasuk ke dalam jenis tanaman paku daun yang biasanya dijadikan sebagai penghias dalam dan luar rumah. Untuk bentuk dari daun ini terbilang unik karena menyerupai tanduk rusa yang bercabang-cabang. Meski demikian, untuk tata cara perawatan tanaman hias daun ini terbilang mudah dilakukan. (PK)

Simak juga video berikut mengenai tujuh jenis anthurium bunga yang bikin Bunda naksir.

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi