sign up SIGN UP search


moms-life

4 Tips Merawat Tanaman Hias Bunga agar Tetap Subur & Elok Dipandang

Tim HaiBunda Senin, 19 Jul 2021 04:00 WIB
Ilustrasi tanaman hias Ilustrasi tanaman hias/Foto: Getty Images/Moyo Studio
Jakarta -

Sudah tidak mengherankan lagi jika aktivitas berkebun atau merawat tanaman hias bunga menjadi salah satu kesenangan tersendiri bagi Bunda. Ini karena tanaman penghias rumah membuat mata sedap memandang sekaligus jadi hobi yang menyenangkan.

Namun, namanya juga tanaman hias bunga, harus ada tips dan kiat tersendiri agar ia tetap subur. Terpenting adalah agar tanaman tersebut menghasilkan bunga cantik.

Contoh tanaman hias bunga

Banner Rektor Termuda IndonesiaFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Pada umumnya, tanaman hias bunga merupakan sejenis tanaman hias yang mengandalkan aneka warna dan bentuk kelopak bunga yang terlihat elok dan memiliki keindahan tersendiri. Tanaman hias macam ini dirawat karena memiliki beberapa keunggulan. Mulai dari harganya yang terjangkau, memiliki banyak jenis, warna, dan segi bentuk bunga.


Membahas mengenai tanaman hias yang satu ini, umumnya ada banyak sekali contoh tanaman hias bunga yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Nah, berbagai contoh tanaman tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Bunga mawar
  • Bunga anggrek
  • Bunga kembang sepatu
  • Bunga melati
  • Bunga kamboja
  • Bunga alamanda
  • Bunga bougenville
  • Bunga lily
  • Bunga kenanga
  • Bunga melati

Bagaimana cara merawat tanaman hias bunga?

Agar tanaman hias tidak layu dan tetap tumbuh subur, maka Bunda perlu melakukan beberapa tips dan trik seperti berikut ini :

1. Lakukan teknik penyiraman yang tepat

Cara merawat tanaman hias bunga yang bisa Bunda lakukan pertama yakni dengan memperhatikan bagaimana teknik penyiraman air yang tepat. Dalam hal ini, Bunda bisa melakukan penyiraman di pagi atau malam hari, lakukan secara merata, secukupnya saja, dan menghindari adanya genangan air pada tanaman.

2. Beri asupan sinar matahari yang cukup

Tidak hanya penggunaan air saja, tanaman juga perlu untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup. Oleh karena itu, ada baiknya Bunda memberi asupan sinar matahari yang cukup selama kurang lebih tiga sampai empat jam setiap hari.

3. Antisipasi adanya hama dan penyakit pada tanaman

Untuk menghindari tanaman hias bunga terserang penyakit, maka Bunda perlu untuk mengantisipasi adanya hama dan penyakit sejak dini. Langkah yang bisa Bunda lakukan yakni dengan menjaga kualitas tanah, mengoptimalkan lokasi, kondisi tanaman, dan memangkas adanya rumput liar.

4. Menghindari penggunaan pupuk kimia

Demi menjaga tanaman hias bunga tumbuh subur, Bunda juga perlu untuk menghindari penggunaan pupuk kimia. Sebagai gantinya, Bunda bisa menggunakan pupuk alami atau pupuk organik yang terbebas dari penggunaan bahan-bahan kimia di dalamnya.

Nah, itulah sedikit informasi penting bagi Bunda mengenai berbagai macam tanaman hias bunga dan cara mudah melakukan perawatan agar tanaman tetap tumbuh segar. (PK)

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi