sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tanaman Hias Indoor yang Mudah Berbunga

Siti Hafadzoh Selasa, 15 Sep 2020 04:00 WIB
Pink violet flower in pot on green bokeh background 5 Tanaman Hias Indoor yang Mudah Berbunga/ Foto: iStock
Jakarta -

Tanaman hias bunga mungkin tidak disarankan untuk Bunda yang masih pemula dalam berkebun. Tanaman hias bunga memang lebih sulit dirawat dibandingkan tanaman hias daun.

Namun, ada lho beberapa tanaman hias indoor yang mudah berbunga dan perawatannya mudah. Jadi, Bunda yang masih pemula juga bisa merawat tanaman hias bunga ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, ini 5 tanaman hias indoor yang mudah berbunga:


1. Bromelia

Bromelia merupakan salah satu tanaman hias bunga yang mudah dirawat lho, Bunda. Dilansir The Spruce, tanaman hias indoor ini mudah beradaptasi dengan kondisi rumah.

Bunga bromelia ada beragam warna dan tekstur yang berbeda-beda. Mulai dari warna merah, hijau, ungu, oranye, kuning, dan kombinasi.

Tanaman hias bromelia akan tumbuh subur dalam kondisi yang sama seperti anggrek epifit, Tapi, bromelia jauh lebih tahan terhadap fluktuasi suhu dan kekeringan.

Siklus bromelia mekar dipengaruhi oleh cahaya, suhu, kelembapan, air, dan pupuk. Tapi, kondisi yang dibutuhkan sesuai dengan spesiesnya, Bunda.

2. Christmas cactus

Tanaman hias kaktus yang satu ini bisa tumbuh dengan subur meski minim perhatian. Christmas cactus punya bunga yang warnanya cantik, yaitu merah, putih, pink, kuning, dan ungu.

Namun, setiap mekar, bunga christmas cactus hanya bertahan beberapa hari, Bunda. Ketika berbunga, tanaman hias ini perlu benar-benar diperhatikan.

Mengutip Good House Keeping, kalau air kurang dan perubahan suhu drastis, bunga bisa layu dengan cepat. Pastikan juga tanah tetap lembap dan sering disiram ketika tanaman hias berbunga.

Tanaman hias indoor christmas cactus butuh cahaya matahari yang tidak terlalu terik. Jadi, sebaiknya simpan tanaman di jendela yang menghadap ke timur.

3. African violet

African violet adalah tanaman hias yang sangat populer. Tanaman hias ini bisa berbunga sepanjang tahun lho.

Tanaman hias indoor tersebut akan tumbuh subur dalam kondisi cerah, hangat, dan lembap. Usahakan agar air tidak terkena daun ya, Bunda. Daun akan timbul bercak coklat kalau terkena air.

Segera buang bunga dan daun yang mati. Ini supaya tanaman hias african violet selalu terlihat sehat.

Bunda harus menyimpan tanaman di tempat yang cukup lembap agar tidak mengering. Tapi, african violet juga harus terkena angin dan sinar matahari.

4. Peace lily

Peace lily merupakan salah satu tanaman hias yang cocok untuk iklim tropis. Tanaman hias ini punya bunga cantik berwarna putih.

Kalau di luar negeri, tanaman hias peace lily biasanya berbunga di musim semi. Bunganya yang sudah tumbuh juga bertahan cukup lama lho.

Tanaman hias indoor ini bisa mekar sampai dua kali dalam setahun. Itu pun kalau tanaman hias tumbuh dengan baik ya, Bunda.

Selain mempercantik ruangan, tanaman hias peace lily juga dapat menyaring banyak polutan dalam ruangan. Misalnya, karbondioksida dan formaldehida.

5. Begonia

Begonia merupakan salah satu tanaman hias indoor yang sangat populer. Tanaman hias begonia punya berbagai warna yang cantik lho, seperti merah, kuning, pink, dan sebagainya.

Tanaman hias begonia dapat tumbuh dengan cepat dan mudah. Tak heran, banyak orang yang menanamnya ya, Bunda.

Begonia termasuk tanaman hias yang tahan dengan cuaca panas. Jadi, sangat cocok untuk Bunda yang tinggal di tempat panas.

Namun, jangan simpan begonia di bawah cahaya matahari langsung ya. Simpan di dalam ruangan dengan cahaya matahari tidak langsung.

Lihat juga tanaman termahal di dunia di video berikut ini yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi