sign up SIGN UP search


moms-life

Penting Bun! Ini Cara Ketahui Bunda Sembuh dari COVID-19 dan Tak akan Tulari Orang Lain

Mutiara Putri Minggu, 18 Jul 2021 15:08 WIB
Isolation Quarantine Coronavirus Covid 19 Ilustrasi Isolasi Mandiri/Foto: Getty Images/Xesai
Jakarta -

Masa pandemi belum berakhir, Bunda. Mengutip laman resmi Covid19.go.id, per Sabtu (17/7/2021) jumlah kasus positif di Indonesia mencapai 2.832.755, lho.

Meski jumlah kasus positif COVID-19 terus meningkat per harinya, Indonesia juga mengalami peningkatan pada jumlah kasus pasien sembuh, Bunda. Kini, tercatat jumlah pasien sembuh mencapai lebih dari dua juta kasus.

Lantas, bagaimana cara memastikan Bunda benar-benar sudah sembuh dari COVID-19 dan tidak akan menularkannya kepada orang lain? Dokter spesialis penyakit dalam di Surabaya, dr. RA Adaninggar, SpPD menjawabnya dengan ringkas, Bunda.


Dokter yang akrab disapa dengan dr. Ning ini mendefinisikan 'sembuh' dengan sudah melewati masa penularan, Bunda. Tak hanya itu, gejala klinis yang dirasakan pun sudah menghilang. Ia menjelaskan bahwa kedua syarat itu harus terpenuhi dan tidak bisa hanya salah satunya.

Namun, tentu ada perbedaan dalam menentukan kesembuhan bagi pasien dengan gejala ringan, sedang, dan berat ya, Bunda. Karena itu, Bunda perlu ketahui tingkat gejala yang terjadi pada diri Bunda atau keluarga yang terpapar virus ini.

Menurut WHO dan Kemenkes, masa penularan virus COVID-19 adalah 10 hari. Untuk pasien dengan gejala ringan, pasien bisa lakukan isolasi mandiri selama 10 hari dan menambah waktu isolasi mandiri sampai gejala hilang.

Lalu bagaimana kalau pasien dengan gejala ringan sudah merasa lebih baik dan sembuh meski waktu isoman belum sampai 10 hari ya, Bunda?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(mua/pri)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi