sign up SIGN UP search


moms-life

Kisah Pria Jepara Bangkrut Rp2,2 M sampai Tidur di Masjid, Kini Jadi Bos Skincare

Mutiara Putri Rabu, 21 Jul 2021 12:42 WIB
Hendra Dinata Hendra Dinata pebisnis sukses dari Jepara/Foto: YouTube Pecah Telur
Jakarta -

Rezeki setiap orang memang sudah diatur ya, Bunda. Namun, roda kehidupan selalu berputar sehingga kita semua akan merasakan posisi di atas hingga terjun ke bawah.

Hal ini dirasakan oleh pria asal Jepara bernama Hendra Dinata . Hendra adalah seorang bos skincare herbal yang berhasil temukan hak patennya, Bunda.

Sebelum mencapai kesuksesannya, ia perlu melewati jalan berliku yang membuatnya hampir menyerah. Namun, berkat rasa penasarannya, ia berhasil membuka sebuah pabrik skincare herbal tanpa bahan kimia atau sintetis.


Awalnya Hendra membuka usaha laundry, Bunda. Usahanya ini berkembang pesat hingga akhirnya berhasil membuka tiga cabang. Sayangnya, biaya bagi hasil yang perlu dibayarkan sangat besar. Karena itu, ia memutuskan untuk meminjam sejumlah uang dari bank dengan kredit yang ringan.

Setelah berhasil membayarkan investor, pada tahun 2010 Hendra ditawari untuk berinvestasi frienchise primagama. Karena menarik, Hendra pun memutuskan untuk bergabung dan membayarkan uang sejumlah Rp800 juta.

Sayangnya, franchise yang dijanjikan tak kunjung terbentuk, Bunda. Karena terfokus pada franchise yang tak membuahkan hasil, bisnis laundry yang dirintisnya pun bangkrut dan meninggalkan banyak utang.

"Aku oke, deal, kerja sama. Franchise nya itu dari 2010 dari bayar sampai sekarang enggak dibuka outletnya. Beda lagi kalau outletnya dibuka terus enggak jalan, oke lah, risiko bisnis. Tapi ini outletnya bener-bener enggak dibuka dan orangnya menghilang," jelas Hendra dilihat dari kanal YouTube Pecah Telur pada Selasa (20/7/2021).

"Akhirnya bisnis laundry saya ini terbengkalai, enggak terperhatikan. Kreditnya mulai macet. Saya gali lubang tutup lubang karena mikirnya uang dari franchise  bakal balik," sambungnya.

Akhirnya Hendra memutuskan untuk meminjam uang ke banyak orang serta menjual seluruh hartanya, Bunda. Mulai dari mobil, rumah, rice cooker, kompor, hingga piring.

"Sampai piring, sampai kompor, sampai rice cooker, itu dijual semua. Karena waktu itu akumulasi dari total utang gali lubang tutup lubang itu cukup besar sampai sekitar Rp2,2 miliar," katanya.

Karena sudah tak memiliki harta dan terus ditagih oleh debt collector, Hendra memutuskan untuk pindah ke rumah mertuanya, Bunda. Sang mertua kemudian menjual sebagian ruangan di rumahnya agar Hendra bisa membayar utang.

Karena rumah mertuanya semakin sempit, Hendra akhirnya memutuskan untuk menjadi gelandangan dan tidur di masjid, Bunda. Klik baca halaman berikutnya, yuk.

Bunda, simak juga video cara hasilkan uang dari tanaman hias berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



JADI GELANDANGAN DAN TIDUR DI MASJID
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi