sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Mudah Membuat Bakso Sapi Rumahan, Lengkap dengan Resep Kuah Gurih

Mutiara Putri Jumat, 03 Sep 2021 16:29 WIB
Bakso Sapi caption
Jakarta -

Bunda masih punya stok daging sapi melimpah tersimpan di kulkas? Kalau biasanya Bunda mengolah daging sapi untuk dijadikan rendang atau tumisan daging, Bunda bisa coba menu lainnya, nih. Misalnya saja bakso sapi yang tentunya tak kalah nikmat.

Apalagi bakso menjadi salah satu makanan yang jadi favorit banyak orang. Bakso merupakan olahan daging yang dibentuk bulat-bulat, Bunda. Ukurannya pun beragam sesuai dengan selera yang memasaknya. 

Biasanya bakso sapi yang berukuran lebih besar memiliki isi di dalamnya. Mulai dari jamur, daging cincang, hingga telur, lho. Bunda juga bisa menyajikan bakso tersebut dengan cara digoreng, dibakar, maupun berkuah lengkap dengan mie. 


Membuat dan mengolah bakso sapi sangat mudah nih, Bunda. Yang terpenting, Bunda sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan sehingga bakso sapi matang dengan sempurna.

Untuk membuat bakso sapi, ada bahan-bahan yang perlu Bunda siapkan, nih. Bahan-bahannya adalah sebagai berikut:

Bahan bakso sapi:

  • 500 gram daging sapi
  • 1 butir telur
  • 100 gram tepung kanji
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt bubuk pala
  • 1 sdm garam
  • 1/2 sdt kaldu sapi bubuk
  • Air secukupnya untuk merebus

Setelah menyiapkan bahan yang diperlukan, Bunda hanya perlu ikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara membuat bakso sapi:

  1. Giling 500 gram daging sapi yang sudah dibersihkan ya, Bunda. Jika sudah halus, masukkan telur dan bumbu lainnya kecuali tepung kanji ya, Bunda. Untuk mempermudah dan menghemat waktu, Bunda bisa gunakan alat masak food processor.
  2. Selanjutnya, tuang tepung kanji sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, Bunda.
  3. Setelah adonan bakso siap, masak air sampai mendidih, Bunda. Kemudian bulat-bulatkan adonan sesuai selera dan masukkan ke dalam air yang mendidih.
  4. Biarkan hingga terapung, angkat, dan tiriskan.
  5. Bakso sapi buatan Bunda sudah siap untuk diolah menjadi hidangan lezat. Bunda bisa olah bakso menjadi bakso goreng, bakso bakar, atau hidangan bakso lainnya. Selamat mencoba ya, Bunda.

Kalau Bunda ingin buat bakso sapi kuah mirip dengan abang-abang kaki lima, ada resep yang bisa Bunda tiru, nih. Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, lihat juga video bakso iga bulungan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



RESEP BAKSO SAPI KUAH KAKI LIMA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!