sign up SIGN UP search


moms-life

5 Olahraga Otak agar Tak Lemot dan Lelet, Bisa Dicoba Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Jumat, 06 Aug 2021 16:35 WIB
Asian Nerd Student Girl Studying Online With Laptop In Cafe, Touching Temples, Trying To Concentrate, Preparing For Difficult Exam caption
Jakarta -

Otak manusia merupakan pusat kendali sistem saraf, Bunda. Otak mengatur dan mengkoordinir sebagian besar gerakan, perilaku, dan fungsi tubuh seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh, serta suhu.

Otak juga merupakan organ vital yang dilindungi oleh tengkorak dan selaput otak, nih. Organ ini terdiri dari sejumlah jaringan dan miliaran sel yang terhubung dengan sumsumĀ tulang belakang, lho.

Agar tak menyebabkan masalah, otak harus dijaga agar kondisinya tak memburuk, Bunda. Kalau hal ini terjadi, tentu kegiatan sehari-hari Bunda akan ikut terpengaruhi.


Dengan kondisi otak yang prima, Bunda bisa melalukan berbagai aktivitas seperti berjalan, berbicara, bernapas, makan, minum, dan lain sebagainya. Menjaga kondisi otak juga bisa dilakukan dengan berbagai kebiasaan, Bunda.

Banner Lika-Liku Kisah Cinta Greysia Polii

Ada lima kebiasaan yang bisa Bunda lakukan untuk bantu otak agar prima. Tak hanya itu, kebiasaan ini juga bisa meningkatkan kecerdasan, lho.

1. Belajar hal baru

Kebiasaan pertama yang bisa Bunda lakukan untuk meningkatkan kecerdasan adalah mempelajari hal-hal baru, nih. Saat belajar hal baru, otak akan membangun koneksi antara neuron serta mengganti beberapa neuron yang hilang, Bunda.

Tak hanya meningkatkan kecerdasan, belajar hal baru juga bisa mengembangkan pola pikir menjadi lebih baik, mendorong ketekunan, serta ketahanan. Dengan begitu, Bunda bisa lebih siap menghadapi kegagalan dan keberhasilan.

2. Tidur yang cukup

Jangan pernah anggap remeh waktu tidur, Bunda. Kegiatan tidur memang sering dianggap tak produktif, lho. Menurut penelitian, orang yang tidur minimal 7 jam setiap harinya bisa memiliki ingatan yang lebih baik dibanding mereka yang tidur kurang dari 7 jam.

Tidur juga merupakan satu kebiasaan yang bisa menjaga kesehatan otak, nih. Saat tidur, hormon berperan untuk meregenerasi sel otak. Selain itu, otak akan merapikan dan mengelompokkan memori sepanjang hari sehingga ingatan Bunda jadi bisa bertahan dengan jangka waktu yang lebih panjang.

3. Berolahraga

Tak hanya bisa menjaga kesehatan dan bentuk tubuh ideal, ternyata berolahraga juga bisa meningkatkan kecerdasan otak nih, Bunda. Bunda jadi bisa mendapatkan banyak manfaat hanya dengan melakukan satu kebiasaan, ya.

Olahraga secara rutin dan teratur bisa meningkatkan kualitas belajar, daya ingat, serta konsentrasi. JenisĀ olahraga yang direkomendasikan antara lain adalah aerobik seperti joging, jalan cepat, berenang, dan senam.

Kira-kira kebiasaan apa lagi yang bisa Bunda lakukan untuk meningkatkan kecerdasan otak, ya? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(mua/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!