sign up SIGN UP search

moms-life

Selain Salah Pakai Skincare, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Sebabkan Jerawat

Mutiara Putri Selasa, 10 Aug 2021 11:05 WIB
Woman looking herself in the mirror at home standing by the big window. She is concerned about acne, maskne caption
Jakarta -

Bunda, kulit biasanya memiliki banyak masalah yang sulit diatasi karena berada di bagian luar tubuh. Misalnya saja, masalah yang sering terjadi pada kulit wajah kita adalah kulit berjerawat.

Jerawat merupakan kondisi di mana pori-pori Bunda mengalami penyumbatan sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Sayangnya, jerawat tak akan pernah bisa dihindari, Bunda. Setiap orang pasti pernah memiliki masalah jerawat di masa hidupnya.

Salah satu penyebab seseorang memiliki jerawat biasanya karena penggunaan produk skincare yang tak sesuai. Bisa jadi karena terdapat kandungan-kandungan yang tak cocok oleh Bunda atau penggunaan produk yang tak sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki.


Sayangnya, Bunda tak bisa menyalahkan masalah jerawat pada produk skincare sepenuhnya. Nyatanya, ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan jerawat timbul di wajah, nih.

Kebiasaan buruk yang menyebabkan jerawat

Agar tak mengulangi kesalahan yang sama, ada beberapa kebiasaan buruk yang perlu Bunda tinggalkan mulai dari sekarang. Mengutip dari laman Healthy Essensial, berikut ini deretannya.

1. Pemakaian makeup tak sesuai

Bunda mungkin tipe orang yang kerap menggunakan make up. Penggunaan make up dengan bahan dasar minyak bisa menjadi salah satu alasan mengapa kulit Bunda berjerawat.

Meski dapat mengatasi kulit kering, nyatanya minyak jauh lebih mudah menjebak sel-sel kulit mati dan membuat peradangan. Pastikan Bunda tak memiliki make up yang bisa menyumbat pori-pori, ya.

Selain itu, pastikan Bunda selalu memakai aplikator yang bersih. Spon dan kuas yang Bunda gunakan setiap hari bisa menampung banyak sel kulit mati dan bakteri. Karenanya, jangan lupa cuci dan sikat aplikator setiap minggu dengan pembersih khusus.

2. Mencuci wajah berlebihan

Kalau Bunda membersihkan wajah lebih dari dua kali sehari, menggunakan toner yang mengandung alkohol, serta melewatkan pelembap, ada kemungkinan wajah Bunda jadi kering secara berlebihan. Saat kulit kering, tubuh akan memproduksi lebih banyak minyak yang tentunya bisa menyebabkan jerawat.

Melewatkan pelembap mungkin cara yang efektif untuk mengurangi minyak pada kulit berminyak. Nyatanya, yang akan terjadi adalah sebaliknya. Pastikan Bunda menggunakan pelembap dan tabir surya setelah mencuci muka, ya.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga resep skincare masker alami untuk hilangkan flek di wajah:

[Gambas:Video Haibunda]



PENGGUNAAN PONSEL HINGGA ALERGI MAKANAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!