sign up SIGN UP search


moms-life

Catat Bun, Cara Bedakan Skincare Asli dan Palsu saat Belanja Online

Mutiara Putri   |   Haibunda Senin, 09 Aug 2021 12:14 WIB
Online payment. Hands of woman using mobile smartphone and laptop computer for online shopping. caption
Jakarta -

Selama masa pandemi, Bunda pasti jadi takut dan khawatir saat akan keluar rumah, ya. Karena itu, Bunda lebih memilih untuk berbelanja secara online dengan pembayaran non-tunai yang tidak perlu melakukan kontak langsung dengan penjual.

Selain membeli keperluan dapur dan sehari-hari, kebutuhan skincare juga pasti lebih baik dibeli secara online ya, Bunda. Terlebih selama masa pandemi ada banyak produk lokal maupun internasional yang memberikan banyak manfaat.

Selain praktis, barang-barang yang dijual secara online juga biasanya menawarkan harga yang jauh lebih murah nih, Bunda. Tak hanya itu, biasanya banyak toko yang memberikan promo menarik untuk menarik perhatian pembeli lainnya.


Sayangnya, ada hal-hal yang perlu Bunda perhatikan ketika ingin belanja online, terutama untuk produk skincare yang sehari-hari digunakan, nih. Hal ini lantaran banyak oknum yang menjual produk skincare ternama dengan harga murah, namun ternyata barang yang dijual adalah barang palsu.

Tanaman hias Janda Bolong

Seorang peneliti kosmetik, Young Lin, menjelaskan bahwa produk skincare yang palsu tidak memiliki aturan terhadap bahan-bahan yang digunakan, Bunda. Bahan yang digunakan tidak memiliki standar kontrol bakteri dan kualitas sehingga bisa saja beracun dan berbahaya bagi kulit.

Agar Bunda terhindar dari skincare palsu yang dibeli secara online, ada beberapa tips yang bisa Bunda ikuti saat berbelanja online, nih. Simak deretannya di sini, ya.

1. Cek barcode atau kode izin edar

Beberapa brand lokal atau internasional sudah memiliki barcode atau kode di kemasan produknya, Bunda. Saat barangnya datang, Bunda bisa langsung cek keasliannya dengan aplikasi barcode. Kalau produknya palsu, barcode akan sulit terdeteksi.

Untuk brand lokal, Bunda juga bisa cek kode izin edar atau BPOM pada produk, nih. Kalau nomor BPOM yang diinput menunjukkan hasil, berarti produk yang Bunda beli adalah asli.

2. Jangan percaya pada kemasan

Melansir dari laman Well and Good, kalau ingin melihat produk skincare asli atau palsu dari kemasan yang berbeda tidak terlalu sulit, Bunda. Namun, kini banyak oknum yang pintar dan menyamakan kemasan produk untuk menipu Bunda.

Walau kemasan produk dari luarnya sama, tapi kalau sudah dibeli dan Bunda merasakan tekstur serta aroma produknya berbeda, maka lebih baik memastikan kembali atau langsung konfirmasi ke official brand produk tersebut, Bunda.

Kira-kira tips apa lagi yang bisa Bunda ikuti dan perhatikan saat ingin membeli produk skincare secara online? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Simak juga rahasia skincare Nadia Vega di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(mua/mua)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!