sign up SIGN UP search


moms-life

Selain Salah Pakai Skincare, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Sebabkan Jerawat

Mutiara Putri   |   Haibunda Selasa, 10 Aug 2021 11:05 WIB
PENGGUNAAN PONSEL HINGGA ALERGI MAKANAN
Ilustrasi jerawat caption

3. Penggunaan ponsel yang kotor

Saat Bunda menelpon seseorang dan menempelkan ponsel ke pipi atau telinga, pernahkah mendapati ada jerawat yang sering muncul di area tersebut?

Ponsel penuh dengan bakteri, Bunda. Semakin sering Bunda menempelkan ponsel ke pipi, maka semakin sering juga Bunda akan berjerawat. Lebih baik, bersihkan ponsel secara teratur dan selalu mencuci tangan sebelum menempelkan sesuai ke wajah.

4. Stres

Masa pandemi adalah salah satu alasan mengapa seseorang bisa lebih sering stres daripada sebelumnya, Bunda. Sayangnya, stres juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat, lho. Hal ini bahkan sudah terbukti melalui sebuah penelitian.


Kalau Bunda memasuki periode di mana Bunda memiliki banyak tekanan, pastikan Bunda memiliki sedikit waktu untuk bersantai. Bunda bisa meninggalkan pekerjaan sejenak untuk berolahraga, makan siang, dan sebagainya. Temukan juga waktu bersantai untuk melakukan rutinitas skincare, ya.

5. Alergi makanan

Susu merupakan salah satu produk yang banyak mengandung hormon pertumbuhan dan zat inflamasi lain yang bisa menyebabkan pori-pori tersumbat, Bunda. Meski sulit dideteksi, biasanya jerawat akan muncul setelah Bunda mengonsumsi es krim, yoghurt, atau produk susu lainnya.

Selain susu, ada makanan lain yang bisa menyebabkan jerawat karena alergi nih, Bunda. Misalnya saja telur, ikan, kerang, kacang tanah, gandum, atau kedelai. Selain jerawat, menghindari makanan penyebab alergi juga bisa membuat Bunda terhindar dari kembung dan nyeri sendi.

(mua/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!