sign up SIGN UP search


moms-life

5 Skincare Alami yang Dipakai Wanita Indonesia Tempo Dulu, Wajib Coba Bun!

Mutiara Putri Kamis, 19 Aug 2021 14:35 WIB
Closeup portrait of mature woman applying tonal foundation on face with makeup brush. Smiling senior woman applying powder for make up. Cosmetics and make-up portrait. caption
Jakarta -

Sejarah kemerdekaan memang mengingatkan Bunda akan perjuangan para pahlawan, ya. Namun, ternyata ada juga sejarah yang berhubungan dengan rutinitas skincare, lho.

Tak perlu meniru rutinitas perawatan kulit wanita dari negara Korea, Jepang, ataupun China, ternyata wanita Indonesia tempo dulu sudah memiliki rahasia cantik tersendiri nih, Bunda. Mereka menggunakan berbagai macam skincare dengan bahan alami yang diracik sendiri tanpa campuran bahan kimia.

Tak hanya itu, tips-tips skincare ini juga tak lekang oleh zaman dan masih eksis di masa milenial, nih. Dijamin kulit Bunda tak akan iritasi atau terkena efek negatif karena memang sudah terbukti khasiatnya.


Skincare alami wanita zaman dahulu

Bunda penasaran dengan skincare alami apa saja yang digunakan oleh wanita Indonesia tempo dulu? Kalau Bunda ingin tahu, berikut ini deretannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bedak beras

riceBeras/ Foto: iStock

Kalau saat ini Bunda lebih sering menggunakan tabir surya atau sunscreen, wanita zaman dahulu lebih mempercayai bedak beras dengan sensasi dingin, Bunda. Wanita Indonesia menggunakan bedak beras untuk mencegah wajah mereka belang atau gelap karena sinar matahari yang terik.

Beras juga bisa menjaga kulit agar tetap awet muda, lho. Enggak heran kenapa wanita zaman dulu sangat cantik meski sudah memasuki usia tua.

Untuk membuatnya, cukup rendam beras yang sudah dicuci dengan air selama semalaman, Bunda. Kemudian, tumbuk beras hingga halus dan campurkan dengan kelopak bunga. Bunda juga bisa campur dengan daun pandan, lho.

Bentuk menjadi bola-bola dan kemudian keringkan. Kalau Bunda butuh bedak ini, ambil satu dari bola-bola bedak lalu campur dengan sedikit air. Bedak beras Bunda siap digunakan, deh.

2. Air dingin

Produk skincare seperti toner dan pelembap memang sudah tak asing terdengar oleh telinga ya, Bunda. Namun, ternyata wanita zaman dahulu tak membutuhkan semua itu, lho.

Wanita Indonesia zaman dahulu mempercayakan kesegaran wajah mereka dengan air dingin, Bunda. Air dingin dipercaya bisa berkhasiat untuk mengecilkan pori-pori sekaligus menyegarkan wajah, lho.

Bunda juga bisa membilas rambut saat mandi dengan air dingin. Dengan begitu, rambut Bunda akan terbebas dari rambut rontok.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, saksikan juga video resep masker alami untuk hilangkan flek di wajah berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MADU HINGGA SIRIH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!