sign up SIGN UP search


moms-life

5 Skincare Alami yang Dipakai Wanita Indonesia Tempo Dulu, Wajib Coba Bun!

Mutiara Putri   |   Haibunda Kamis, 19 Aug 2021 14:35 WIB
MADU HINGGA SIRIH
The concept of selfcare, proper facial skin care, skin care routine caption

3. Madu

Madu biasa digunakan sebagai campuran untuk membuat makanan atau minuman, Bunda. Meski begitu, madu ternyata bisa digunakan sebagai bahan perawatan kulit yang memiliki banyak manfaat, lho.

Menurut wanita zaman dahulu, madu bisa menghilangkan jerawat karena mengandung antioksidan. Dengan begitu, madu bisa mencerahkan wajah, menghilangkan jerawat, serta meningkatkan kadar kolagen pada kulit.

Tren Jelly Madu di TikTokIlustrasi Madu/ Foto: TikTok @_chwisbuncis_ @emilmario69 iStock

Bunda bisa gunakan madu sebagai masker wajah alami, nih. Caranya juga mudah, lho. Cukup ambil madu secukupnya lalu oleskan pada wajah dengan kapas atau jari. Diamkan 30 menit lalu bilas dengan air hangat.


4. Bengkuang

Masa kini, ada banyak produk skincare dengan bahan utama bengkuang, Bunda. Klaim yang dijanjikan adalah produk tersebut bisa membuat kulit lebih cerah dan bersinar.

Nyatanya wanita zaman dahulu memang menggunakan bengkuang sebagai masker wajah dengan khasiat untuk mencerahkan kulit karena mengandung vitamin B1 dan vitamin C. Bunda cukup kupas dan parut bengkuang lalu oleskan pada wajah sebagai masker.

5. Sirih

Daun sirihDaun sirih/ Foto: iStock

Kalau mendengar kata daun sirih, Bunda mungkin langsung mengira daun yang satu ini hanya bisa dipakai untuk kesehatan gigi atau reproduksi, ya? Nyatanya wanita zaman dahulu mempercayakan air rebusan daun sirih sebagai obat jerawat, lho.

Setelah merebus daun sirih, Bunda bisa gunakan handuk yang dicelupkan ke dalam air tersebut dan mengusapkannya ke wajah. Namun, pastikan wajah sudah benar-benar bersih dari make up dan riasan, ya.

Simak juga video produk skincare legendaris di bawah Rp50 ribu berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(mua/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!