sign up SIGN UP search


moms-life

Pakis Boston Hingga Bromeliad, 11 Tanaman Hias Ini Aman untuk Kucing dan Anjing

Melly Febrida   |   Haibunda Senin, 06 Sep 2021 04:00 WIB
Studio photo shoot of a Nephrolepis exaltata caption

Memelihara hewan dan tanaman hias tak selalu dapat dilakukan bersamaan. Ada kalanya, tanaman yang Bunda sukai tidak disukai oleh peliharaan Bunda. Atau, mungkin tanaman yang pet friendly justru tidak menarik bagi Bunda.

Kendati demikian, demi keamanan dan kesenangan bersama Bunda memang harus memperhatikan hal ini. Sebab, bukan hanya soal suka atau tidak. Sejumlah tanaman diketahui beracun bagi hewan peliharaan. Padahal, ada kalanya hewan-hewan peliharaan tersebut menggigit tanaman yang ada di sekitarnya.

Ada beragam alasan yang 'beredar' soal mengapa hewan peliharaan suka memakan tanaman hias, salah satunya karena mereka disebut sedang berupaya menenangkan sakit perut atau membantu memproses bola rambut. Tapi, ada juga yang bilang hewan peliharaan sedang mencoba untuk memperbaiki kekurangan nutrisi.


Apapun itu alasan di baliknya, yang jelas Bunda akan sangat terbantu jika mengetahui tanaman hias mana yang aman atau yang berbahaya bagi hewan peliharaan.

Debra LaGattuta merinci beberapa jenis tanaman hias yang aman untuk kucing dan anjing seperti dikutip The Spruce.

1. Baby Tears

Tanaman berdaun hijau kecil Soleirolia soleirolii ini menambah karakter terarium. Bunda bisa menanamnya di keranjang gantung kecil. Tanaman hias baby tears ini menutupi tanah dan mungkin bisa mencegah hewan peliharaan yang suka menggali tanaman hias.

2. Pohon pisang

Pohon pisang (Musa) merupakan tanaman aksen dramatis yang aman untuk semua hewan peliharaan. Tanah yang subur, cahaya yang terang, dan penyiraman yang teratur akan bagus untuk pohon pisang.

3. Tanaman hias laba-laba

Tanaman hias laba-laba (Chlorophytum), juga dikenal sebagai tanaman pita atau tanaman pesawat terbang. Tanaman laba-laba tidak beracun bagi kucing dan anjing dan akan mentolerir berbagai  cahaya, kelembaban, dan kondisi tanah.

4. Venus fly trap

Tanaman karnivora ini bisa menjadi koleksi tambahan yang menyenangkan dan funky. Tetapi apa yang terjadi ketika kucing ingin menerkam ketika tanaman menutup.

Penangkap lalat Venus (Dionaea muscipula) ini tidak beracun bagi kucing dan anjing. Jadi gigitan dari tanaman ini tidak akan membuat Bunda harus ke dokter hewan. Tanaman ini suka dengan cahaya terang dan irigasi dengan air suling.

5. Pakis Boston 

Pakis Boston (Nephrolepis) termasuk tanaman hias favorit yang bertahan lama, tetapi daunnya yang berbulu mungkin menggoda kucing dan anjing untuk mengunyahnya. Dedaunannya tidak beracun untuk kucing dan anjing. Pakis Boston lebih menyukai kelembapan dan banyak cahaya terang dan tidak langsung.

6. Pohon pinang

Ini dikenal jug sebagai palem kupu-kupu. Terkadang daun Dypsis lutescens ini dapat memicu naluri kucing untuk memukul dan menggigit. Tanaman ini juga tidak beracun untuk kucing atau anjing. Tempatkan di ruangan yang terang, dan biarkan tanah mengering di antara penyiraman.

Tanaman hias lainnya bisa klik halaman berikutnya, Bunda.

Kalau permasalahan di rumah Bunda adalah nyamuk, Bunda bisa manfaatkan tanaman hias untuk mengatasinya, lho. Cek video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



5 TANAMAN HIAS LAINNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!