sign up SIGN UP search


moms-life

Ini 3 Alasan Tanaman Hias Kaktus Bunda Membusuk dan Berubah Jadi Warna Cokelat

Mutiara Putri   |   Haibunda Kamis, 26 Aug 2021 04:00 WIB
Morning outdoor activity to watering cactus pot plant, copy space caption
Jakarta -

Selama masa pandemi, Bunda mungkin masih memiliki rutinitas dan kesibukan yang sama, ya? Karena itu, Bunda butuh tanaman hias yang bisa dirawat dengan cara minim perawatan namun tetap bisa mempercantik rumah, nih.

Salah satu tanaman hias yang kuat dan bisa tumbuh dalam berbagai kondisi adalah kaktus, Bunda. Mulai dari panas terik hingga suhu di bawah nol derajat, kaktus Bunda pasti bisa tumbuh dengan subur.

Meski memiliki perawatan yang rendah, ternyata kerap terjadi pembusukan pada tanaman kaktus yang dirawat, nih. Mereka juga bisa berubah warna menjadi cokelat, lho.


Sebagian besar alasan perubahan warna pada kaktus adalah karena lingkungannya, Bunda. Bisa jadi suhu atau tingkat cahaya yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Bisa juga kaktus Bunda terlalu banyak menyerap air.

Wanita Batak Cerai dari Bule Kaya

Selain itu, faktor yang paling mungkin menyebabkan kaktus berubah menjadi cokelat adalah karena hama atau jamur. Bisa juga kaktus Bunda sedang mengalami penuaan secara alami.

Alasan kaktus berubah warna jadi cokelat

Bunda masih belum memahami alasan kaktus menjadi cokelat? Jangan khawatir, ya. Berikut ini Bubun bantu jabarkan alasan kaktus menjadi cokelat dilansir dari laman Plantophiles.

1. Faktor lingkungan

Kalau kaktus Bunda berubah menjadi cokelat dari ujungnya, ada kemungkinan karena tingkat cahaya yang terlalu tinggi nih, Bunda. Kaktus memang tahan pada panas yang terik, namun hal ini tidak berlaku pada beberapa spesies. Beberapa tanaman kaktus lebih menyukai sinar matahari belang-belang.

Batang kaktus dirancang untuk menyerap serta menyimpan air, Bunda. Kalau kaktus berada pada suhu dingin secara terus menerus, embun beku akan merusak sel kaktus.

Jika hal ini terus terjadi, akhirnya semua sel kaktus akan mengalami kerusakan yang tentunya bisa dilihat dengan jelas di bagian luar batang. Tak hanya paparan sinar matahari, suhu dingin juga bisa merusak batang kaktus sehingga membuatnya berubah jadi cokelat.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Saksikan juga video tanaman hias pembawa hoki menurut feng shui berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PARASIT DAN PENUAAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!