sign up SIGN UP search


moms-life

7 Skincare Terbaik untuk Mengatasi Breakout, Jangan Stres Bun!

Bella Barliana Senin, 06 Sep 2021 06:00 WIB
Woman looking herself in the mirror at home standing by the big window. She is concerned about acne, maskne caption

Memiliki tipe kulit yang mudah berjerawat tentu menjadi masalah yang cukup serius ya, Bunda. Perlu perawatan khusus untuk Bunda yang sedang berjuang mengatasi breakout atau peradangan di wajah.

Namun, mencari perawatan untuk tipe kulit ini bukan merupakan hal yang mudah. Setiap hari Bunda mungkin melihat promosi berbagai produk perawatan kulit dan kosmetik, serta saran dari influencer media sosial dan pakar kecantikan lainnya. Tetapi, apa yang sebenarnya dibutuhkan kulit Bunda?

Dilansir dari healthline, berikut adalah beberapa tips yang dapat Bunda lakukan untuk mengatasi breakout atau peradangan di wajah dan mendapatkan kulit bercahaya.


1. Tidur yang cukup

Di tengah kesibukan Bunda, ternyata penting untuk tetap memperhatikan jam tidur. Kurang tidur ternyata dapat menyebabkan kulit lebih sering berjerawat. Menurut sebuah penelitian tahun 2015, lebih dari 65 persen peserta penelitian merasa merasa lelah ketika memiliki jerawat.

Penulis penelitian berpendapat, kurang tidur dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan tubuh melepaskan senyawa inflamasi. Senyawa ini yang nantinya dapat menyebabkan kulit pecah atau memperburuk jerawat.

Untuk menjaga kesehatan kulit, usahakan untuk tidur berkualitas selama tujuh hingga sembilan jam setiap malamnya.

2. Bersantai

Berdasarkan penelitian tahun 2017, ditemukan hubungan antara tingkat stres dan jerawat. Ketika Bunda mengalami stres dapat menghasilkan hormon corticotropin-releasing (CRH), yang merangsang kelenjar minyak, sehingga berkontribusi pada munculnya jerawat.

Jika Bunda menghadapi peristiwa atau situasi yang membuat stres, Bunda perlu mencari cara yang sehat untuk menghilangkan stres. Ada beberapa kegiatan yang bisa Bunda lakukan untuk menghilangkan stres, seperti:

  • Berolahraga intens sekitar 30 menit
  • Melakukan yoga
  • Bermain alat musik
  • Mendengarkan musik kesukaan bunda.

3. Kurangi sentuhan di wajah yang meradang

Mungkin Bunda sering merasa geregetan kalau melihat jerawat di wajah dan ingin memencetnya. Namun, demi kesehatan kulit Bunda, penting untuk menahan diri agar tidak memencet jerawat menggunakan tangan.

Memencet jerawat akan membuat pori-pori wajah Bunda terpapar lebih banyak bakteri, termasuk yang berasal dari tangan dan dapat meningkatkan risiko infeksi. Jika Bunda memiliki jerawat yang benar-benar sakit, ada baiknya langsung menemui dokter kulit terpercaya.

Dokter akan memberikan perawatan wajah khusus untuk menghilangkan jerawat dengan aman sekaligus meminimalkan risiko infeksi. 

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Nih, Bunda, cobain, skincare anti-aging buatan lokal dengan harga yang affordable!

[Gambas:Video Haibunda]



KURANGI GULA HINGGA ROKOK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!