sign up SIGN UP search


moms-life

Suka Duka Bule Rusia Menikahi Pria Indonesia, Kendala Bahasa saat Bertengkar

Annisa Karnesyia Minggu, 12 Sep 2021 20:35 WIB
Mariya dan Hermawan caption
Jakarta -

Sudah hampir tiga tahun bule Rusia bernama Mariya menikah dengan Hermawan, pria asli Indonesia. Selama kurun waktu ini, Mariya dan Hermawan banyak belajar saling memahami satu sama lain.

Perbedaan kebudayaan dan bahasa sempat menjadi masalah di awal pernikahan keduanya, Bunda. Pasangan ini mengaku sulit berkomunikasi saat ingin menyelesaikan masalah.

"Mariya punya bahasa sendiri, aku punya bahasa sendiri, dan di tengah-tengah itu ada Bahasa Inggris kalau misalnya mau ngomong cepat atau menyelesaikan masalah dengan cepat," kata Hermawan, dikutip dari YouTube Hermawan and Mariya, Minggu (12/9/21).


Seiring berjalannya waktu, Mariya dan Hermawan belajar bahasa baru untuk saling memahami. Namun dalam perjalanannya, Hermawan tak menampik bahwa kendala bahasa sering menyulitkan mereka berkomunikasi saat bertengkar.

Banner Rumah TKW BlitarFoto: HaiBunda/Mia

"Sukanya, ini bagus juga buat Mariya, dia bisa belajar Bahasa Indonesia, aku bisa belajar Bahasa Rusia. Jadi kita bisa sama-sama belajar. Dukanya itu, kita kalau lagi berantem, kadang susah menyampaikannya," ujar Hermawan.

"Ya, cuma teriak saja," timpal Mariya.

Meski tak memahami, Mariya mengerti kata-kata buruk dalam Bahasa Indonesia. Begitu pun sang suami, Hermawan, yang mengerti kata-kata buruk di Bahasa Rusia.

Belakangan, kemampuan bicara Bahasa Indonesia Mariya sudah lebih baik. Hermawan mengaku masalah komunikasi sudah bisa diatasi bila terjadi pertengkaran nih.

"Kalau ada pertengkaran agak susah menyelesaikannya. Cuma karena sekarang Mariya sudah bisa Bahasa Indonesia lancar, jadi sekarang itu bukan sesuatu yang susah sih," ungkap Hermawan.

Berbeda dengan sang suami, Mariya sebenarnya tak begitu ambil pusing dengan perbedaan bahasa ini, Bunda. Wanita cantik asal Rusia ini hanya butuh kata 'maaf' dari sang suami saat terjadi pertengkaran.

Ia menganggap semua wanita pasti sudah cukup bahagia bila mendengar kata ini dari suaminya. Meski menurutnya, sang suami tidak sepenuhnya salah.

"Semua cewek pasti begini, kalau seorang cowok lagi ada masalah ya. Kata kamu kan ini karena bahasa ya, bukan. Kamu kan bisa bilang di dalam Bahasa Indonesia "maaf sayang". Sudah enggak ada lagi sesuatu yang buat aku marah. Ya minta maaf saja, sudah selesai, gampang, enggak usah bilang kata-kata buruk," ujar Mariya.

Saat ini, Mariya menetap di Indonesia bersama sang suami. Selama tinggal di sini, bule cantik ini mulai beradaptasi dengan gaya hidup dan sikap orang Indonesia. Simak kisah lengkap di halaman berikutnya ya.

Simak juga 6 alasan Mariya pilih tinggal di Indonesia ikut suaminya, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

SIFAT ORANG INDONESIA DI MATA MARIYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!