sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Membersihkan Kipas Angin Tanpa Perlu Dibongkar, Bisa Dicoba Bun

Bella Barliana Kamis, 23 Sep 2021 13:15 WIB
ilustrasi kipas angin caption
Jakarta -

Kipas angin merupakan salah satu penyelamat Bunda dan keluarga ketika berada di ruangan panas tanpa air conditioner (AC). Jika kipas angin diletakkan di tempat yang memiliki banyak kotoran, seperti dapur atau ruangan lain yang menghasilkan debu, maka kipas angin akan menjadi lebih cepat kotor.

Kipas angin yang kotor tentu tidak akan bekerja dengan baik, sehingga tidak dapat menghasilkan udara yang bersih dan sejuk. Untuk mencegah hal ini, Bunda perlu membersihkan kipas angin di rumah dengan teratur, lho.

Debu yang menumpuk biasanya menempel pada bagian baling-baling dan jaring besi kipas. Bunda disarankan untuk membersihkan kipas angin di rumah setidaknya seminggu sekali. Namun, seringnya pembersihan kipas angin yang harus dilakukan tetap bergantung pada kondisi debu di rumah.


Membersihkan kipas biasanya harus melepas beberapa bagian kipas angin, sehingga terlihat lebih sulit dan repot. Namun, kali ini Bunda tidak perlu khawatir, membersihkan kipas angin juga dapat dilakukan tanpa harus membongkar seluruh bagian kipas angin, lho.

Dilansir dari laman The Spruce, berikut ini adalah cara untuk membersihkan kipas angin di rumah, tanpa perlu membongkarnya.

1. Pastikan kipas angin tidak tehubung dengan aliran listrik

Langkah pertama yang perlu diperhatikan ketika ingin membersihkan kipas angin adalah, Bunda harus memastikan kipas angin tidak terhubung dengan stopkontak dinding atau aliran listrik lainnya.

5 kebiasaan aneh orang Indonesia

Jika menggunakan kipas bertenaga baterai, pastikan dalam kondisi mati. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah rusaknya kipas angin dan terjadinya korsleting listrik yang berbahaya.

2. Bersihkan bagian dalam dan baling-baling kipas

Setelah memastikan kipas angin dalam kondisi mati dan tidak terhubung dengan listrik, saatnya Bunda membersihkan bagian dalam dan baling-baling kipas angin. Ada beberapa cara sederhana yang bisa dicoba untuk membersihkan bagian ini.

  • Gunakan pengering rambut 

Untuk pembersihan mingguan, Bunda tidak perlu repot membongkar kipas untuk membersihkan bagian baling-balingnya. Cukup gunakan pengering rambut atau udara bertekanan untuk mendorong debu keluar dari permukaan baling-baling.

Gunakan suhu udara paling dingin dari pengering rambut, lalu jaga jarak antara pengering rambut dan baling-baling sekitar 15-25 sentimeter. Bunda dapat melakukan hal yang sama untuk membersihkan bagian belakang baling-baling kipas.

  • Gunakan penyedot debu

Selain pengering rambut, Bunda juga dapat menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner, untuk membersihkan debu dari baling-baling kipas dan bagian dalamnya. Pastikan seluruh bagian kipas dibersihkan, termasuk sudut-sudut yang berpotensi menjadi tempat penumpukan debu, Bunda. 

  • Gunakan cairan pembersih khusus

Dilansir dari World Of Buzz, sebuah akun TikTok bernama @hometipseveryday membagikan video yang menunjukkan cara membersihkan kipas angin dengan sederhana dan menggunakan bahan- bahan yang mudah didapatkan.

Bahan yang dapat digunakan untuk membersihkan kipas adalah cairan pembersih khusus, yang terbuat dari campuran soda kue, cuka, dan sabun cuci piring. Pastikan campuran ini tetap cair untuk memudahkan penyemprotan.

Bunda dapat memasukkan semua campuran ini ke dalam botol semprot dan kocok hingga merata. Setelah itu, semprotkan secara merata ke bagian dalam dan baling-baling kipas angin yang penuh dengan debu.

Selanjutnya, Bunda bisa membungkus bagian kipas angin dengan plastik yang cukup besar dan nyalakan kipas angin dengan kecepatan maksimal selama setidaknya lima menit. Terakhir, buka plastiknya dan semua debu akan terlepas di kantong plastik, sehingga kipas angin Bunda sudah kembali bersih.   

3. Bersihkan noda di kipas

Setelah selesai membersihkan debu di bagian baling-baling dan dalam kipas, Bunda perlu membersihkan sisa-sisa debu yang menempel dan bagian luar kipas. Langkah ini dapat dilakukan dengan cara basahi kain dan lap ke seluruh bagiannya.

Mulai dari casing, bagian dekat tombol pengendali, bagian belakang, tiang, dan kaki kipas angin. Nah, gimana Bunda? Sederhana kan caranya.

Membersihkan kipas angin tanpa bongkar pasang akan lebih mudah dilakukan untuk pembersihan rutin mingguan, ketika debu pada kipas angin belum menumpuk terlalu banyak.

Jika kipas angin sudah lama tidak dibersihkan selama berbulan-bulan, maka Bunda mungkin perlu membongkarnya. Hal ini agar pembersihan bisa dilakukan secara menyeluruh, termasuk pada baling-baling kipas dan bagian dalamnya.

Simak juga video tentang 5 tips menghilangkan bau amis pada talenan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(fir/fir)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!