sign up SIGN UP search


moms-life

7 Cara Menghilangkan Tungau Debu dari Rumah Minimalis, Sudah Lakukan Bun?

Juan Satya   |   Haibunda Jumat, 10 Sep 2021 03:00 WIB
Jika dibiarkan, tungau debu dapat berdampak buruk bagi penderita alergi dan asma, Bunda. Hilangkan tungau debu segera, dengan ikuti tujuh caranya berikut ini. caption

Jakarta - Tungau debu seringkali menjadi masalah yang dihadapi oleh Bunda di dalam rumah minimalis karena adanya debu yang menumpuk. Tungau ini memang tidak terlihat dengan kasat mata dan juga tidak menggigit seperti kutu kepala ataupun kutu busuk.

Namun, tungau dapat meninggalkan kotoran yang dapat memperburuk penyakit alergi dan asma lho, Bunda. Selain itu, mereka dapat membuat penderita penyakit tersebut mengalami hidung tersumbat, mata gatal, batuk, dan gejala lainnya.

Tungau debu dapat Bunda temukan di area rumah yang biasanya disinggahi untuk menghabiskan waktu berjam-jam, seperti kasur, kain, dan karpet yang tidak dapat dicuci secara teratur. Tungau jenis ini dapat tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembab serta dapat berkembang biak dengan mudah dan cepat, Bunda.


Meski demikian, Bunda dapat mengatasi adanya tungau debu dengan melakukan pembersihan secara sering, kok. Selain melakukan pembersihan, Bunda juga dapat melakukan cara lain seperti, menyemprotkan minyak alami, menjaga suhu di dalam rumah tetap dingin, menambahkan pelindung pada kasur, dan lain sebagainya.

Supaya Bunda semakin paham, simak yuk, tujuh cara menghilangkan tungau debu di dalam rumah yang sudah dirangkum dari laman The Spruce berikut ini:

1. Bersihkan tempat tidur sesering mungkin

Mengganti seprai secara sering dan membersihkan tempat tidur sangat penting untuk pengendalian tungau debu, Bunda. Semua tempat tidur yang dapat dicuci harus diganti dan dibersihkan setidaknya setiap minggu dengan air panas untuk menghilangkan alergen dan membunuh tungau debu.

Banner tanaman hias pembawa hoki

Lalu, untuk barang-barang yang tidak dapat dicuci harus Bunda tempatkan di dalam mesin pengering dengan suhu tinggi selama minimal 15 menit setiap minggu.

Metode lain yang dapat Bunda lakukan untuk membunuh tungau debu adalah dengan memasukkan barang yang tidak bisa di cuci ke dalam kantong plastik dan dibekukan selama 24 jam. Metode ini sebenarnya tidak menghilangkan alergen, tetapi akan membunuh tungau debu, Bunda.

Untuk membantu mengurangi alergen pada anak, Bunda dapat memilih boneka binatang dan mainan yang bisa dicuci dengan air panas, lalu jangan lupa untuk batasi jumlah boneka mainan di kamar tidur, ya.

2. Tambahkan penutup pelindung ke kasur

Salah satu cara termudah untuk mengendalikan adanya tungau debu adalah dengan menambahkan penutup pelindung ke kasur dan bantal Bunda. Penutup dengan ritsleting ini tahan tungau debu dan menciptakan penghalang antara Bunda dengan kasur atau bantal.

Karena tungau debu tidak bisa mendapatkan pasokan makanan dari sel-sel kulit mati, mereka akhirnya akan mati, Bunda. Meskipun tertutup oleh penutup pelindung, kasur harus tetap dibersihkan dengan uap setidaknya dua kali setahun untuk membunuh tungau debu.

3. Kurangi kelembaban di dalam rumah

Tungau debu ternyata menyukai kelembapan lho, Bunda. Nah, untuk membantu mengendalikan adanya tungau debu, Bunda dapat menggunakan hygrometer untuk menentukan tingkat kelembapan dan jaga agar tetap di bawah 50 persen.

Tingkat kelembaban pada ruangan dapat dikurangi dengan menggunakan dehumidifier, Bunda. Selain itu, Bunda juga dapat membuka jendela pada hari yang kering dan berangin, merawat ruang bawah tanah yang lembab, memasang penghalang kelembaban, dan memeriksa ventilasi pengering pakaian.

Bunda juga bisa menggunakan kipas atau sistem ventilasi saat memasak dan mandi untuk mengurangi tingkat kelembaban.

4. Kurangi kekacauan

Semakin banyak barang yang Bunda pajang berarti semakin banyak permukaan untuk mengumpulkan debu, Bunda. Untuk mengatasi hal ini, Bunda dapat menyimpan barang koleksi dalam kotak tertutup atau lemari penyimpanan yang tertutup kaca agar terbebas dari debu.

Cara lainnya Bunda dapat memajang beberapa item yang ingin ditampilkan di meja atau rak agar lebih mudah dibersihkan saat terkena debu.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga video tujuh penyebab wajan anti lengket cepat rusak berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

GUNAKAN MINYAK ALAMI HINGGA MENJAGA SUHU DINGIN DI DALAM RUMAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!